Daftar Negara-negara di Asia Barat / Timur Tengah

Asia Barat atau Asia Barat Daya adalah wilayah bagian sebelah barat benua Asia, terdiri dari negara-negara wilayah Timur Tengah dan Timur Dekat yang berada di benua Asia. Istilah "Asia Barat" lebih sering digunakan dalam tulisan mengenai arkeologi dan masa prasejarah kawasan itu.

Para ahli geografi terusik dengan ambiguitas istilah "Timur Tengah" yang lebih populer daripada "Asia Barat". Negara seperti India lebih suka menggunakan istilah "Asia Barat", kemungkinan karena istilah "Timur Tengah" lebih Keeropaan atau Eurosentris. Namun ada kalangan yang menganggap Timur Tengah juga meliputi negara-negara di Afrika Utara atau paling tidak negara Mesir saja.

Sejarah Timur Tengah

Peradaban-peradaban terawal di dunia berkembang di Asia Barat. Selama hampir tiga millennia, wilayah ini telah disatukan di bawah satu atau dua negara kuat; setiap satunya mewarisi yang sebelumnya, di beberapa saat merupakan sistem kerakyatan dengan basis barat maupun timur. Negara-negara utama seperti ini adalah Kekaisaran Asiria Baru, Kekaisaran Babilonia Baru, Kekaisaran Akhemeniyah, Dua Kerajaan Yahudi kuno (Israel-Yehuda), Kekaisaran Seleukia, Kekaisaran Parthia, Kekaisaran Sasaniyah, Kekaisaran Romawi Timur, Kekhalifahan Umayyah, Kekhalifahan Abbasiyah, Dinasti Safawiyah, Dinasti Afsharidiyah dan Kesultanan Utsmaniyah.

Geografi

Asia Barat terletak di selatan Eropa Timur. Wilayah ini dikelilingi tujuh laut utama; Laut Aegea, Laut Hitam, Laut Kaspia,[1] Teluk Persia,[2] Laut Arab, Laut Merah, dan Laut Tengah.

Ke utara, wilayah ini dibatasi dari Eropa oleh pegunungan Kaukasus Besar, ke barat daya, wilayah ini dibatasi dari Afrika oleh Tanah genting Suez, sementara ke timur, wilayah ini berbatasan dengan Asia Tengah dan Asia Selatan. Gurun Dasht-e Kavir dan Dasht-e Lut di Iran timur secara alami agak membatasi wilayah ini dari keseluruhan Asia sendiri.

Berbagai negara dan wilayah yang termasuk dalam Asia Barat adalah:

1.      Turki
2.      Arab Saudi           
3.      Bahrain
4.      Kuwait
5.      Oman
6.      Qatar
7.      Uni Emirat Arab
8.      Yaman
9.      Armenia
10.    Azerbaijan
11.    Georgia
12.    Irak
13.    Israel        
14.    Lebanon
15.    Suriah
16.    Yordania  
17.    Iran          
18.    Siprus
19.    Mesir

Notes:

1 Termasuk Trakia timur yang bukan merupakan bagian dari Anatolia.
2 Hanya meliputi Semenanjung Sinai.

Anatolia, Jazirah Arab, Levant (Syam), dan Mesopotamia adalah bagian dari wilayah Asia Barat.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Asia_Barat