Letak, Luas, Batas Wilayah, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk Siprus

Republik Siprus adalah sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian timur, ±113 km di sebelah selatan Turki dan 120 km di sebelah barat Suriah. Ibu kotanya adalah Lefkosia (Nikosia). Kota penting lainnya adalah Lemesos (Limassol), Larnaca, Paphos, Ammochostos (Famagusta), dan Kyrenia.

Semenjak tahun 1974, di bagian utara ada Republik Turki Siprus Utara yang hanya diakui oleh Turki.

Sejarah Siprus Setelah 1945

Siprus, ketika masih merupakan jajahan Britania Raya, akan diberikan kepada Yunani. Tetapi minoritas Turki menolak. Akhirnya kompromi disepakati dan pada tahun 1959 didirikan negara Siprus merdeka. Tetapi kedua belah pihak tidak puas dan akhirnya pada tahun 1974 sebuah kelompok yang menginginkan persatuan dengan Yunani mengadakan kudeta yang dibalas dengan invasi Turki. Semenjak itu Turki menduduki wilayah utara.

Anggota Uni Eropa

Pada tanggal 1 Mei 2004 yang bertepatan dengan peringatan Hari Buruh, Siprus menjadi anggota Uni Eropa. Tetapi yang diperbolehkan ikut hanya wilayah selatan saja, kecuali kalau wilayah utara juga ingin bersatu. Akhirnya penduduk wilayah utara menekan pemerintah mereka supaya bersatu dengan wilayah selatan. Pada 24 April 2004 wilayah utara (yang dipimpin Raouf Denktash) mengatakan "ya" kepada persatuan. Daerah selatan (yang dipimpin Tassos Papadopoulos) mengatakan "tidak" kepada persatuan. Jadi akhirnya hanya bagian selatan saja yang menjadi anggota Uni Eropa.

Ekonomi Siprus

Ekonomi tergantung pada ekspor produk pertanian (jeruk, kentang, anggur, tembakau) dan penghasilan pariwisata. Sektor perikanan hampir tak ada artinya; perairan di sekeliling pulau kurang ikan. Selain itu sektor pertambangan masih menguntungkan (tembaga, besi, marmer, dan gipsum). Kata tembaga dalam banyak bahasa Eropa merupakan derivasi dari kata Siprus dalam bahasa Yunani kupros, misalkan kata copper (bahasa Inggris) atau koper (bahasa Belanda).

Batas Wilayah Negara Siprus
Batas Negara Republik Siprus
Republic of Cyprus

Siprus adalah sebuah negara yang terletak di di kawasan Laut Mediterania. Siprus menjadi bagian dari Uni Eropa dengan batas wilayah :

Sebelah utara :  Negara Siprus Utara.
Sebelah timur laut :  Negara Siprus Utara.
Sebelah timur :  Negara Lebanon dan Suriah dipisahkan oleh Laut Mediterania.
Sebelah tenggara :  Laut Mediterania.
Sebelah selatan :  Laut Mediterania.
Sebelah barat daya :  Laut Mediterania.
Sebelah barat :  Laut Mediterania.
Sebelah barat laut :  Negara Turki dipisahkan oleh Laut Mediterania.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Siprus, https://halokawan.com/batas-wilayah-negara-tetangga-siprus/