Letak, Luas, Batas Wilayah, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk Uni Emirat Arab / UEA

Uni Emirat Arab (disingkat UEA) (bahasa Inggris: United Arab Emirates) adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Tujuh emirat ini adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain,UEA adalah tempat bagi bangunan tertinggi di dunia (burj khalifa)

Sejarah Uni Emirat Arab

Negara-negara bagian (lebih dikenal sebagai emirat) di sepanjang pesisir pantai Teluk Persia memberikan hak pertahanan dan urusan luar kepada Kerajaan Britania Raya pada abad kesembilan belas. Pada tahun 1971, enam dari negara-negara bagian ini - Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Dubai, dan Umm al-Qaiwain - bergabung untuk mendirikan Uni Emirat Arab. Pada tahun 1972, Ras al-Khaimah menyertai mereka.

Asal

Permukiman manusia yang paling awal dikenal di UEA tanggal dari periode Neolitik, 5500 SM. Pada tahap awal, ada bukti interaksi dengan dunia luar, terutama dengan peradaban di utara di Persia. Kontak ini bertahan dan menjadi luas, mungkin didorong oleh perdagangan di tembaga dari Pegunungan Hajar, yang dimulai sekitar 3000 SM. Asing perdagangan, motif berulang dalam sejarah daerah ini strategis, berkembang juga pada masa kemudian, difasilitasi oleh domestikasi dari unta pada akhir milenium kedua SM.

Dengan lalu lintas darat AD kafilah abad pertama antara Suriah dan kota-kota di Irak selatan dimulai. Juga, ada perjalanan yg berlayar di laut ke pelabuhan penting Omana (mungkin saat ini Umm al-Qaiwain) dan kemudian ke India. Rute ini adalah sebuah alternatif untuk rute Laut Merah yang digunakan oleh Roma. Mutiara yang telah dieksploitasi di daerah selama ribuan tahun namun saat ini perdagangan mencapai ketinggian baru. Pelayaran juga merupakan andalan dan Pameran besar ini diselenggarakan di Dibba, mendatangkan pedagang dari sejauh Cina.

Politik Uni Emirat Arab

Majelis Tertinggi memuat pemerintah-pemerintah dari tujuh negara bagian. Jabatan Presiden dan Wakil Presiden dilantik oleh Majelis Tertinggi setiap lima tahun. Majelis Tertinggi juga melantik barisan kabinet sementara Majelis Federasi Kebangsaan yang mempunyai anggota sebanyak 40 orang dari ketujuh negara bagian meneliti dan membincangkan undang-undang yang dicadangkan. Terdapat satu sistem mahkamah persekutuan; semua negara bagian kecuali Dubai dan Ras al-Khaimah telah menyertai sistem persekutuan ini; semua negeri mempunyai undang-undang sekuler dan Islam untuk kasus-kasus sipil, kejahatan, dan mahkamah tinggi.

Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan merupakan Presiden kesatuan ini sejak pendirian negara ini sampai hari kematiannya pada 2 November 2004. Anak lelakinya, Khalifa bin Zayed Al Nahayan dilantik menjadi presiden keesokkan harinya.

Ekonomi Uni Emirat Arab

Kekayaan Uni Emirat Arab berdasarkan pengeluaran minyak dan gas yaitu 33% dari GDP negara itu. Emirat Arab adalah negara penghasil minyak ketiga terbesar di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi.

Wilayah Emirat di Uni Emirat Arab

Emirat Arab memiliki 7 negara bagian:

1.   Abu Dhabi
2.   Ajman
3.   Dubai
4.   Fujairah
5.   Ras al-Khaimah
6.   Sharjah
7.   Umm al-Qaiwain

Geografi Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab terletak di barat daya Asia dan dikelilingi Teluk Oman dan Teluk Persia di antara Oman dan Arab Saudi. Ia adalah sebuah negara yang mempunyai dataran yang kering kerontang dan mempunyai padang pasir yang luas dengan gunung-gunung disebelah timur. Kedudukan strategisnya menjadikannya tempat persinggahan ekspor dan impor minyak dunia.

Perjanjian perbatasan di antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi pada tahun 1974 dan 1977 tidak pernah disebarkan kepada umum. Oleh itu perbatasan yang tepat untuk kedua negara hanya diketahui oleh pemerintahan masing-masing.

Demografi

Uni Emirat Arab berpenduduk sebanyak 9,3 juta jiwa dan yang warganegara asli UEA sangat sediki jauh melebihi pendatang dengan angka mencapai 85%, yang kebanyakan datang dari Asia Selatan. Kebanyakan masyarakat pribumi datang dari keturunan Persia. Tingkat pertumbuhan penduduknya rendah dibandingkan negara-negara tetangganya. Sekitar 80% penduduknya bisa membaca dan menulis.

Demografi Uni Emirat Arab

Demografi di UEA sangat beragam. Tahun 2010, penduduk UEA diperkirakan mencapai 8,264,070,[4] tetapi hanya 13% saja yang benar-benar berkebangsaan UEA atau Emirat, sedangkan mayoritasnya merupakan penduduk ekspatriate atau pendatang dari negara lain. Tingkat migrasi UEA ada di angka 21.71, merupakan Tertinggi di dunia.[9] Dibawah hukum pemerintahan pusat UEA no. 17, seorang ekspatriate dapat mengajukan diri untuk menjadi warganegara UEA setelah tinggal menetap selama 20 tahun, dengan catatan tidak pernah terlibat dalam tindak kriminal dan harus fasih dalam bahasa Arab. Bagaimanapun juga, untuk menjadi warganegara disana tidak didapatkan dengan mudah, sehingga banyak orang yang tinggal di UEA hidup tanpa punya status warganegara (dijuluki Bidun). Tahun 2016, jumlah orang emirat sekitar 12%.

Disana terdapat 1.4 juta jiwa warga Emirat.[11] Berdasarkan etnik, warga UEA sangatlah beragam. Berdasarkan laporan CIA, 19% merupakan orang Emirati, 23% merupakan warga Arab lainnya, sepertinya (Orang Mesir, Orang Yordania) and Iran, 50% lainnya berasal dari Asia Selatan, dan 8% lagi merupakan warga ekspansi negara lain termasuk Orang Barat dan Asia Timur (perkiraan tahun 1982).

Tahun 2009, warga Emirati dicatat mencapai 16.5% dari total jumlah penduduk; Dari Asia Selatan (Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka and India) merupakan kelompok terbanyak, mencapai 58.4%; Orang Asia lainnya yakni (Orang Filipina, Iran)[13] sekitat 16.7% sedangkan ekspariate dari negara barat mencapai 8.4%.

Orang India dan Pakistan berjumlah 37% dari penduduk di tiga Emirat – Dubai, Sharjah, dan Ajman. Dalam catatan statistik tahun 2014 melalui catatan atau data dari Euromonitor International merilis lima daftar negara asal terbanyak di Tiga Emirat, yakni: India (25%), Pakistan (12%), Emirat (9%), Bangladesh (7%), dan Filipina (5%).

Warga Eropa sangat bertumbuh disana khususnya di kota-kota multietnik seperti Dubai.[16] Ekspariate dunia barat khusunya Eropa, Australia, Amerika Utara dan Amerika Latin mencapai 500,000 jiwa dari populasi UEA.[14][17] Lebih dari 100,000 berkebangsaan Inggris tinggal di negara ini.[18] Tempat persinggahan para penduduk ekspansi dari yang bukan berasal dari negara Arab.

Sekitar 88% dari penduduk Uni Emirat Arab adalah urban.[20] Rata-rata usia bertahan hidup adalah 76.7 tahun (2012), merupakan yang tertinggi dari semua negara di Arab. Dengan seks rasio Laki-laki/perempuan yakni 2.2 dari total populasi dan seks rasio untuk usia 15–65 adalah 2.75 age group, ketidakseimbangan seks rasio penduduk merupakan ketidakseimbangan gender terbesar kedua di dunia setelah Qatar.

Agama di Uni Emirat Arab

Islam adalah yang terbesaf dan menjadi agama resmi negara UEA. Pemerintah memberikan wewenang kepada polisi untuk menjaga toleransi dalam beragama dan jarang terlibat dalam aktifitas keagamaan non-Muslim.[26] Hal yang sama juga diterapkan oleh warga non muslim dengan tidak mencampuri urusan keagamaan Islam dalam berbagai hal.

The government imposes restrictions on spreading other religions through any form of media as it is considered a form of proselytizing. There are approximately 31 churches throughout the country, one Hindu temple in the region of Bur Dubai, one Sikh Gurudwara in Jebel Ali and also a Buddhist temple in Al Garhoud.

Based on the Ministry of Economy census in 2005, 76% of the total population was Muslim, 9% Christian, and 15% other (mainly Hindu). Census figures do not take into account the many "temporary" visitors and workers while also counting Baha'is and Druze as Muslim. Among Emirati Muslim citizens, 85% are Sunni, while Shi'a are 15%, mostly concentrated in the emirates of Sharjah and Dubai.[28] Omani immigrants are mostly Ibadi, while Sufi influences exist too.

Languages

Arabic is the national language of the United Arab Emirates. The Gulf dialect of Arabic is spoken natively by the Emirati people.[30] Since the area was occupied by the British until 1971, English is the primary lingua franca in the UAE. As such, a knowledge of the language is a requirement when applying for most local jobs. Other world languages are represented by expatriate population drawn from a wide mix of nationalities.

Kebudayaan Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan masyarakat Arab lain di seluruh dunia. Pemerintah berdedikasi untuk mempertahankan unsur-unsur tradisional dalam kesenian dan kebudayaan termasuk melalui Yayasan Kebudayaan Abu Dhabi. Perubahan dalam kehidupan sosial juga berubah - perasaan terhadap kaum wanita sedang berubah, dan olahraga-olahraga baru sedang terkenal di samping balap unta.

Batas Wilayah Negara Uni Emirat Arab
United Arab Emirates

Uni Emirat Arab adalah sebuah negara yang terletak di Benua Asia Barat Daya ( Timur Tengah ) dengan batas wilayah :

Sebelah utara :  Negara Iran dipisahkan oleh Teluk Persia.
Sebelah timur laut :  Negara Iran dipisahkan oleh Teluk Persia, Musandam ( Oman ).
Sebelah timur :  Negara Oman.
Sebelah tenggara :  Negara Oman.
Sebelah selatan :  Negara Arab Saudi.
Sebelah barat daya :  Negara Arab Saudi.
Sebelah barat :  Negara Arab Saudi.
Sebelah barat laut :  Negara Qatar dipisahkan oleh Teluk Persia.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Uni_Emirat_Arab, https://halokawan.com/batas-wilayah-negara-uni-emirat-arab/