Faktor-Faktor Terbentuknya Interaksi Sosial

Interaksi sosial biasanya didasari oleh berbagai faktor, yaitusebagai berikut:

1) Sugesti

Sugesti adalah rangsangan yang diberikan oleh seorangindividu kepada individu lain, sehingga yangmenerimanya menuruti atau melakukan apa yangdisugestikan tanpa berpikir lagi. Proses sugesti dapatdiberikan antarindividu dan antarkelompok.Sugesti dapat berupa berbagai bentuk sikap atautindakan, pendapat, saran, dan pertanyaan. Iklan ditelevisi atau reklame yang biasanya dipasang di jalan-jalanuntuk mempromosikan produk merupakan salah satucontoh bentuk sugesti produsen kepada konsumen.

Contoh:

a)   Seorang ayah yang penuh kasih sayang dan bijaksanakepada anak dan istrinya merupakan tokoh panutanyang disegani bagi seluruh anggota keluarganya. Apayang dilakukan ayahnya akan ditiru dan menjadipanutan anak dan istrinya.
b)   Seorang kepala desa yang berwibawa akan diturutoleh warganya, ketika beliau menyerukan kepadawarganya untuk melakukan pembersihan lingkungan.

2) Motivasi

Motivasi merupakan dorongan yang diberikan olehseorang individu kepada individu yang lain, sehinggaorang yang diberi motivasi akan menuruti danmelaksanakan apa yang dimotivasikan.Motivasi dapat berupa berbagai bentuk sikap atau
tindakan, perilaku, pendapat, saran, dan pertanyaan.Contohnya dukungan dari para suporter sepak bola untukmendukung kemenangan tim kesayangannya. Bentukdukungan ini tentu akan membantu timbulnya semangatbagi kesebelasan tersebut.

3) Imitasi

Imitasi adalah proses sosial atau tindakan seseorang untukmeniru orang lain baik sikap, penampilan, maupun gayahidup. Proses imitasi kali pertama kali berlangsung dalamlingkungan keluarga. Misalnya, seorang anak akanmeniru semua perilaku orang tuanya. Dari lingkungankeluarga, proses imitasi berkembang ke lingkungan yanglebih luas, yaitu masyarakat. Berbagai media yang adaseperti media elektronik maupun cetak akan semakinmempercepat terjadinya proses imitasi.

Proses imitasi memiliki dua sisi, yaitu positif dan negatif.Proses imitasi memiliki sisi positif apabila seseorangmeniru perilaku yang dapat membangun dirinya menujuke arah yang lebih baik. Sisi negatif terjadi, apabila prosesimitasi meniru berbagai perilaku yang akan menjadibumerang bagi dirinya. Misalnya, penayangan adegansmack down di televisi yang ditiru oleh anak-anak, akanmerugikan dirinya sendiri dan orang lain.

4) Identifikasi

Identifikasi adalah upaya yang dilakukan oleh seorangindividu untuk menjadi sama dengan individu yangditirunya. Oleh sebab itu, identifikasi erat kaitannyadengan imitasi.Contohnya karena kegandrungannya pada BritneySpears, Ana meniru semua yang dikenakan dandilakukan oleh pujaannya, bahkan Ana mengumpulkansemua pernak-pernik yang berhubungan dengan BritneySpears. Tindakan seperti ini tidak salah, tetapi tidak perludilakukan.

5) Simpati

Simpati adalah suatu proses kejiwaan yang merasatertarik kepada seseorang atau sekelompok orang karenasikap, perilaku, wibawa, atau perbuatannya.Dalam proses ini, perasaan seseorang memegang perananyang sangat penting, walaupun dorongan utama padasimpati terletak pada keinginan untuk memahami pihaklain dan untuk kerja sama dengannya. Hal inilah yangmembedakan simpati dengan identifikasi yang didalamnya terdapat dorongan keinginan belajar ke pihaklain yang dianggap memiliki kelebihan yang bisa dijadikancontoh. Proses simpati akan dapat berkembang padasuatu keadaan di mana faktor saling mengerti terjamin.