Interaksi sosial biasanya didasari oleh
berbagai faktor, yaitusebagai berikut:
1) Sugesti
Sugesti adalah rangsangan yang diberikan oleh
seorangindividu kepada individu lain, sehingga yangmenerimanya menuruti atau
melakukan apa yangdisugestikan tanpa berpikir lagi. Proses sugesti
dapatdiberikan antarindividu dan antarkelompok.Sugesti dapat berupa berbagai
bentuk sikap atautindakan, pendapat, saran, dan pertanyaan. Iklan ditelevisi
atau reklame yang biasanya dipasang di jalan-jalanuntuk mempromosikan produk
merupakan salah satucontoh bentuk sugesti produsen kepada konsumen.
Contoh:
a)
Seorang ayah yang penuh kasih sayang dan
bijaksanakepada anak dan istrinya merupakan tokoh panutanyang disegani bagi
seluruh anggota keluarganya. Apayang dilakukan ayahnya akan ditiru dan
menjadipanutan anak dan istrinya.
b)
Seorang kepala desa yang berwibawa akan
diturutoleh warganya, ketika beliau menyerukan kepadawarganya untuk melakukan
pembersihan lingkungan.
2)
Motivasi
Motivasi merupakan dorongan yang diberikan
olehseorang individu kepada individu yang lain, sehinggaorang yang diberi
motivasi akan menuruti danmelaksanakan apa yang dimotivasikan.Motivasi dapat
berupa berbagai bentuk sikap atau
tindakan, perilaku, pendapat, saran, dan
pertanyaan.Contohnya dukungan dari para suporter sepak bola untukmendukung
kemenangan tim kesayangannya. Bentukdukungan ini tentu akan membantu timbulnya
semangatbagi kesebelasan tersebut.
3) Imitasi
Imitasi adalah proses sosial atau tindakan
seseorang untukmeniru orang lain baik sikap, penampilan, maupun gayahidup.
Proses imitasi kali pertama kali berlangsung dalamlingkungan keluarga.
Misalnya, seorang anak akanmeniru semua perilaku orang tuanya. Dari lingkungankeluarga,
proses imitasi berkembang ke lingkungan yanglebih luas, yaitu masyarakat.
Berbagai media yang adaseperti media elektronik maupun cetak akan
semakinmempercepat terjadinya proses imitasi.
Proses imitasi memiliki dua sisi, yaitu
positif dan negatif.Proses imitasi memiliki sisi positif apabila
seseorangmeniru perilaku yang dapat membangun dirinya menujuke arah yang lebih
baik. Sisi negatif terjadi, apabila prosesimitasi meniru berbagai perilaku yang
akan menjadibumerang bagi dirinya. Misalnya, penayangan adegansmack down di
televisi yang ditiru oleh anak-anak, akanmerugikan dirinya sendiri dan orang
lain.
4)
Identifikasi
Identifikasi adalah upaya yang dilakukan oleh
seorangindividu untuk menjadi sama dengan individu yangditirunya. Oleh sebab
itu, identifikasi erat kaitannyadengan imitasi.Contohnya karena kegandrungannya
pada BritneySpears, Ana meniru semua yang dikenakan dandilakukan oleh
pujaannya, bahkan Ana mengumpulkansemua pernak-pernik yang berhubungan dengan
BritneySpears. Tindakan seperti ini tidak salah, tetapi tidak perludilakukan.
5) Simpati
Simpati adalah suatu proses kejiwaan yang
merasatertarik kepada seseorang atau sekelompok orang karenasikap, perilaku,
wibawa, atau perbuatannya.Dalam proses ini, perasaan seseorang memegang
perananyang sangat penting, walaupun dorongan utama padasimpati terletak pada
keinginan untuk memahami pihaklain dan untuk kerja sama dengannya. Hal inilah
yangmembedakan simpati dengan identifikasi yang didalamnya terdapat dorongan
keinginan belajar ke pihaklain yang dianggap memiliki kelebihan yang bisa
dijadikancontoh. Proses simpati akan dapat berkembang padasuatu keadaan di mana
faktor saling mengerti terjamin.