Ciri Khas Negara Mesir

Luas wilayah Mesir sekitar 997.739 km2. Secara geografis, Mesir terletak di bagian timur laut Afrika. Jumlah penduduk Mesir mencapai 68.470.000 jiwa. Hampir seluruh penduduk tinggal di daerah utara.

Sekitar 98% penduduk Mesir berasal dai suku bangsa Hamit (bangsa Mesir Kuno). Mereka menaklukkan wilayah ini pada tahun 642 M. Agama yang dianut sebagian besar penduduk adalah Islam. Adapun dalam berkomunikasi, penduduk Mesir menggunakan bahasa Arab.

Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan penduduk Mesir adalah pertanian. Daerah pertanian utama terdapat di sepanjang aliran Sungai Nil. Daerah pertanian tersebut dinamakan Lembah Nil. Hasil pertanian Mesir yaitu kapas, jagung, tebu, sayuran, dan buah. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk adalah pertambangan. Hasil tambang Mesir yaitu emas, uranium, fosfat, bijh besi, minyak bumi, dan gas alam. Mesir merupakan negara terbesar keempat penghasil minyak bumi di Afrika. Industri juga berkembang cukup pesat di Mesir. Industri di Mesir mengolah kapas, tekstil, dan pakaian.

Kenampakan alam utama Mesir berupa gurun pasir dan pegunungan. Daratan Mesir terbelah menjadi 2 oleh Terusan Suez. Di bagian timur adalah Semenanjung Sinai dan di bagian barat merupakan daratan utama. Kenampakan alam di Semenanjung Sinai dibedakan menjadi 2 bagian. Bagian utara merupakan gurun pasir. Bagian selatan merupakan pegunungan. Titik tertinggi dari pegunungan ini adalah Jabal Katrina.

Adapun 90% daratan utama Mesir berupa gurun pasir. Bagian barat dari daratan utama Mesir adalah Gurun Libya. Di sebelah utara gurun ini terdapat Depresi Qatara.

Hanya sebagian kecil wilayah daratan utama yang ditempati. Daerah tersebut berada di sepanjang aliran Sungai Nil. Di daerah dekat Sungai Nil terdapat kota-kota utama di Mesir. Di tepi Laut Tengah, terdapat Kota Alexandria. Kota tersebut merupakan pelabuhan utama Mesir.

Berada di tepi Laut Tengah bagian barat sungai merupakan Gurun Libya. Daerah ini tidak memiliki sungai dan mata air. Terdapat Depresi Qatara di Gurun Libya. Di daerah timur membentang pegunungan dan plato Sungai Nil hingga Laut Merah. Puncak tertinggi Mesir.
Mesir adalah Jabal Katrina yang terletak di Semenanjung Sinai. Di daerah selatan, terdapat Sungai Nil yang mengalir ke utara hingga bemuara di Laut Merah. Delta sungai ini menjadi lahan subur.

Beberapa ciri khas yang dimiliki Mesir yaitu:

1)   terdapat piramida yang merupakan makam raja-raja Mesir,
2)   terdapat spinx, patung singa berkepala manusia,
3)   terdapat Terusan Suez hasil karya Ferdinand de Lesseps yang menghubungkan antara Laut Merah dengan Laut Tengah,
4)   terdapat Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia.