Macam-macam Manfaat dan Usaha Pelestarian Laut di Indonesia

Kita tentu pernah mendengar istilah zamrud khatulistiwa. Istilah tersebut merupakan julukan bagi Indonesia. Apa arti dari julukan tersebut? Zamrud adalah permata hijau. Jadi, Indonesia diibaratkan bagai zamrud yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, baik di darat maupun di laut. Kekayaan alam tersebut menjadi modal pembangunan. Sumber daya alam Indonesia dapat berupa bahan galian, hutan, sungai, danau, laut, keindahan alam, dan sebagainya.

Di dalam UUD 1945, dinyatakan bahwa kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyatMaka dari itu, kekayaan alam yang terkandung di bumi Indonesia harus dapat memberikan manfaat bagi seluruh bangsa Indonesia. Manfaat laut dan hasilnya bagi bangsa Indonesia. Manfaat tersebut antara lain:

a. Rumput laut

Rumput laut sudah banyak dibudidayakan manusia karena memiliki nilai ekonomi. Rumput laut berguna sebagai bahan makanan dan bahan kosmetik.

b. Ikan

Berbagai macam ikan hidup di perairan Indonesia, seperti ikan tuna, ikan cakalang, ikan tenggiri, ikan tongkol, dan sebagainya. Ikan merupakan salah satu komoditas ekspor bangsa Indonesia.

c. Mutiara

Mutiara digunakan sebagai perhiasan.

d. Garam

Garam digunakan sebagai bumbu masak. Garam dibutuhkan setiap orang.

e. Bahan galian

Bahan galian yang terdapat di laut adalah minyak bumi. Minyak bumi dapat diolah menjadi bensin, minyak tanah, dan solar.

f. Rekreasi

Rekreasi di laut disebut juga wisata bahari. Indonesia banyak memilikitempat wisata bahari yang indah, seperti Pantai Pangandaran di Jawa Barat, Pantai Parangtritis di Yogyakarta, Laut Pantai Kuta di Bali, dan Laut Bunaken di Sulawesi Utara. Para wisatawan yang datang ke Indonesia tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan dari mancanegara.

g. Olahraga

Laut juga berguna sebagai sarana olahraga. Olahraga yang dapat dilakukan di laut adalah perahu layar, ski air, dan menyelam. Sebagai upaya pelestarian laut dan pantai, pemerintah melakukan penanaman bakau seluas 99,82 hektar di Taman Wisata Alam Angke Kapuh, di kawasan Teluk Jakarta Sebagai upaya pelestarian laut dan pantai, pemerintah melakukan penanaman bakau seluas 99,82 hektar di Taman Wisata Alam Angke Kapuh, di kawasan Teluk Jakarta Meskipun kekayaan alam dapat dipergunakan untuk menciptakankemakmuran, akan tetapi kita juga harus menjaga kelestariannya. Hal tersebut juga berlaku untuk kekayaan laut Indonesia.

Usaha-usaha yang dapat kita lakukan untuk melestarikan laut antara lain:

a.   Tidak membuang limbah ke laut. Limbah dapat mengotori laut dan membunuh hewan serta tumbuhan di laut.
b.   Tidak menggunakan bahan peledak saat mencari ikan.
c.   Tidak menggunakan perahu pukat harimau. Pukat harimau adalah jala dengan ukuran sangat kecil. Bila menggunakan pukat harimau, maka ikan kecil-kecik juga ikut terjaring. Akibatnya, jumlah ikan akan berkurang.
d.   Tidak merusak terumbu karang. Terumbu karang adalah tempat ikan mencari makan dan tempat berlindung bagi ikan.
e.   Penanaman pohon bakau. Pohon bakau berguna untuk mencegah abrasi. Abrasi adalah pengikisan pantai oleh air laut. Pohon bakau juga menjadi tempat berkembang biak, tempat mencari makan, dan tempat berlindung ikan-ikan kecil.
f.    Pembuatan taman laut. Taman laut di Indonesia antara lain Taman Laut Bunaken dan Taman Laut Teluk Cenderawasih.