Pengaruh Perkembangan Iptek, Isu-isu Demokratisasi, Efisiensi, dan Sekularisasi terhadap Industrialisasi dan Urbanisasi di Indonesia

a. Pengaruh perkembangan iptek terhadap industrialisasi dan urbanisasi

Seperti yang telah dibahas dalam bagian sebelumnya, penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan industri di Inggris telah menjadi faktor utama yang mendorong terjadinya revolusi industri pada abad ke-18. Indikator penting yang dapat diperhatikan dalam perkembangan industri adalah:

(1)  efisiensi dalam hal waktu, tenaga, dan biaya, dan
(2)  produktivitas industri yang tinggi dalam rangka pemenuhan terhadap segala macam kebutuhan hidup manusia.

Ilmu pengetahuan dan teknologi ibarat dua sisi mata uang yang sulit dipisah-pisahkan. Keduanya saling dukung satu sama lain. Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan akan mendorong penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi. Sebaliknya, kemajuan dalam teknologi akan mendukung ilmu pengetahuan sehubungan dengan adanya beberapa kemudahan yang diperoleh melalui teknologi tersebut. 

Selanjutnya, kemajuan-kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berperan dalam mendorong terjadinya perubahan di setiap unsur kehidupan manusia. Dalam sektor industri misalnya, ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong kemajuan-kemajuan dalam bidang industri, terutama setelah ditemukannya mesin-mesin yang mendukung proses industri.

Pembangunan-pembangunan dalam sektor perindustrian di daerah-daerah strategis seperti di perkotaan telah menyediakan lapangan kerja yang menarik. Itulah sebabnya, tidak sedikit masyarakat pedesaan yang ingin mengadu nasib di perkotaan dengan bekerja pada sektor industri. Keterangan tersebut memberikan gambaran bahwa industrialisasi telah mendorong terjadinya urbanisasi karena sektor industri dipandang lebih menjanjikan dibandingkan dengan sektor pertanian, terlebih lagi setelah lahan pertanian di pedesaan semakin sempit sebagai akibat dari adanya proses pembangunan yang terus menerus dilaksanakan.

b. Pengaruh demokratisasi terhadap industrialisasi dan urbanisasi

Isu-isu tentang demokratisasi telah memberikan pemahaman baru tentang persamaan hak dan kewajiban pada setiap orang. isu demokratisasi telah memberikan kesadaran baru dengan tuntutan industrialisasi, hal mana dalam proses industrialisasi setiap orang tersedia tentang persamaan derajat pada setiap orang. Pesan-pesan demokrasi tersebut sejalan kesempatan dan peluang yang sama untuk berkarir dan berprestasi dalam bidang industri.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pendukung proses industrialisasi tidak pernah memandang jenis kelamin, ras , agama, dan sebagainya. Dengan demikian demokratisasi telah berperan dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam sektor industri. Karena sektor industrialisasi yang pada umumnya dibangun di perkotaan, maka secara otomatis angkatan kerja akan berbondong-bondong menuju kota dalam rangka mencari lapangan kerja sebagaimana yang diinginkan.

Sentra-sentra industri yang berkembang pesat di perkotaan kesempatan dan peluang yang sama untuk berkarir dan berprestasi dalam bidang industri. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pendukung proses industrialisasi tidak pernah memandang jenis kelamin, ras , agama, dan sebagainya. 

Dengan demikian demokratisasi telah berperan dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam sektor industri. Karena sektor industrialisasi yang pada umumnya dibangun di perkotaan, maka secara otomatis angkatan kerja akan berbondong-bondong menuju kota dalam rangka mencari lapangan kerja sebagaimana yang diinginkan.

c. Pengaruh efisiensi terhadap industrialisasi dan urbanisasi

Pada dasarnya efisiensi merupakan suatu ketepatan dalam mendayagunakan waktu, tenaga, dan biaya dalam penyelenggaraan kegiatan industri. Pada umumnya langkah efisiensi selalu diikuti dengan langkah efektivitas. 

Artinya, tenaga, waktu, dan biaya yang ada didayagunakan sedemikian rupa sehingga menghasilkan produksi yang berkualitas dalam jumlah yang besar. Prinsip efisiensi identik dengan prinsip ekonomi, yakni dengan modal yang sedikit menghasilkan lama yang besar.