Ciri Khas Negara China

Cina merupakan negara republik dengan kepala negaranya adalah seorang presiden. Kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Cina beribu kota di Beijing. Bahasa resmi Cina adalah bahasa Mandarin.

Luas wilayahnya mencapai 9.560.780 km2. Luas wilayah tersebut dihuni oleh 1.284.960.000 jiwa. Jumlah penduduk Cina adalah yang terbesar di dunia. Terdapat beragam suku bangsa di Cina, seperti Han, Mongol, Manchu, Korea, dan Turki. Sebagian besar penduduk Cina adalah keturunan suku bangsa Han.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Cina adalah pertanian, pertambangan, dan industri. Pertanian Cina menghasilkan padi, gandum, jagung, tebu, teh, tembakau, dan karet. Pertambangan utama Cina menghasilkan batu bara, grafit, titanium, dan tungsten. Industri yang berkembang pesat di Cina adalah tekstil dan elektronik.

Kenampakan alam utama di Cina berupa pegunungan, perbukitan, dan dataran tinggi. Pegunungan besar terdapat di daerah barat daya. Pegunungan di daerah ini adalah Pegunungan Kwan Lun dan Pegunungan Himalaya. Di wilayah barat daya juga terdapat Plato Tibet yang merupakan plato tertinggi di dunia.

Dataran tinggi terdapat di wilayah timur. Di daerah ini mengalir sungai-sungai besar, seperti Sungai Yangtze, Sungai Si Kiang, dan Sungai Hwang Ho (Sungai Kuning). Daerah gurun pasir terdapat di barat laut. Di daerah ini terdapat Gurun Gobi yang membentang hingga ke Mongolia.

Terdapat beberapa iklim di Cina. Iklim subtropis di Cina bagian utara, iklim tropis di bagian selatan, dan iklim muson di daerah pantai.

Ciri khas yang dimiliki Cina yaitu:

1) merupakan negara terluas keempat di dunia,
2) memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia,
3) terdapat Tembok Besar Cina (The Great Wall) yang termasuk salah satu keajaiban dunia,
4) penghasil sutra terbaik di dunia,
5) terdapat Gurun Gobi yang membentang hingga Mongolia,
6) terdapat panda yang merupakan hewan khas Cina,
7) memiliki pusat industri film Asia di Hongkong,
8) memiliki pusat pembangkit listrik terbesar di dunia yang terletak di Sungai