Letak Geografis dan Astronomis Negara Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Dengan demikian, negara tetangga Indonesia adalah negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Letak kawasan Asia Tenggara dapat ditinjau dari 2 sisi, yaitu astronomis dan geografis. Pasar terapung banyak ditemukan di kawasan dimaksud dengan letak astronomis dan Asia Tenggara.

Letak astronomis adalah letak suatu negara berdasarkan garis lintang dan garis bujur.

Letak geografis adalah letak suatu negara berdasarkan kenyataan letak di bumi. Berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Asia Tenggara terletak di antara 23oLU – 11oLS dan 92oBT – 141oBT.

Secara geografis, Asia Tenggara berada di antara 3 benua dan 2 samudra. Benua yang terletak di sekeliling kawasan Asia Tenggara yaitu Benua Asia, Benua Australia, dan Benua Amerika. Samudra yang terletak di kawasan Asia Tenggara adalah Samudra Hindia, dan Samudra Paifik.

Asia Tenggara berbatasan dengan India di sebelah barat dan Cina di sebelah utara. Wilayah ini terdiri dari sebagian kecil daratan utama Benua Asia. Di kawasan Asia Tenggara terdapat lebih dari 20.000 pulau. Pulau-pulau tersebut terbentang sepanjang Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Daratan utama Asia Tenggara berupa pegunungan. Daratan tersebut telah dihuni manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Penduduk Asia Tenggara Salah satu daerah pegunungan di Asiamemiliki beragam bahasa dan budaya.

Asia Tenggara memiliki iklim tropis. Di kawasan Asia tenggara berlaku 2musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Sejak abad ke-16 sampai abad ke-20, hampir semua bangsa di Asia Tenggara dijajah oleh bangsa Eropa, seperti Inggris, Prancis, Portugal, dan Belanda. Ada juga negara yang hancur dilanda perang saudara.

Namun saat ini, beberapa negara telah tumbuh menjadi negara maju. Pertumbuhan ekonomi telah membawa kemakmuran di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.