Selain
mempunyai peranan yang sangat penting bagi beberapa pihak, secara ekonomi pasar
mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah:
1.
Fungsi distribusi
Tatkala
terjadi kerusuhan massa dan banyak pasar yang dibakar, maka penyaluran
barang-barang dari produsen kepada konsumen terganggu dan akibatnya harga
barang-barang menjadi tinggi/mahal. Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena tidak
ada tempat yang dapat digunakan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen
kepada konsumen. Dalam hal ini menunjukkan bahwa pasar berfungsi memperlancar
penyaluran barang-barang dari produsen pada konsumen atau pasar mempunyai
fungsi distribusi.
2.
Fungsi pembentukan harga
Setiap
barang mempunyai dua macam harga yaitu harga subjektif dan harga objektif.
Harga subjektif adalah harga yang dikehendaki oleh penjual atau pembeli. Sedang
harga objektif adalah harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual setelah
terjadi proses tawar-menawar. Harga objektif disebut juga harga pasar. Mengapa
harga objektif disebut harga pasar? Karena proses tawar-menawar yang terjadi
antara pembeli dengan penjual terjadi di pasar, sehingga pasar mempunyai fungsi
sebagai tempat pembentukan harga.
3.
Fungsi promosi
Promosi
adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain
agar mau mengikuti keinginannya. Agar barang yang telah diproduksi dapat
terjual, maka produsen seringkali mengadakan promosi kepada masyarakat/calon
konsumen agar calon konsumen mau membeli barang yang dipromosikan. Salah satu
tempat yang sering digunakan dan efektif untuk melakukan kegiatan promosi
adalah pasar. Karena di pasar banyak terdapat orang-orang yang ingin berbelanja
barang-barang kebutuhan. Dengan demikian pasar mempunyai fungsi sebagai tempat
untuk mempromosikan barang-barang yang telah dihasilkan oleh produsen.
4.
Fungsi stabilitas ekonomi
Perekonomian
yang stabil akan mengakibatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sebaliknya,
jika perekonomian tidak stabil, kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat akan
terganggu. Stabilitas ekonomi tergantung pada tersedianya barang dan jasa
kebutuhan masyarakat. Jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat tersedia dengan
harga yang terjangkau, maka perekonomian akan stabil, sebaliknya, jika barang
dan jasa kebutuhan masyarakat tidak tersedia dengan harga yang terjangkau, maka
perekonomian menjadi tidak stabil.
Sebagai
tempat yang digunakan untuk menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat,
maka pasar mempunyai fungsi untuk mengatur stabilitas perekonomian masyarakat.
Jika barang dan jasa yang tersedia di pasar terbatas, maka pemerintah dapat
menstabilkan dengan cara mengadakan operasi pasar yaitu menjual barang yang
langka/kurang di pasar secara langsung, agar kebutuhan masyarakat dapat
terpenuhi, sebaliknya, jika barang dan jasa yang tersedia di pasar berlebihan,
maka pemerintah dapat mengurangi barang-barang tersebut melalui lembaga
pemerintah seperti bulog untuk menampung kelebihan barang-barang tersebut,
sehingga harga barang-barang tetap terjaga dan tidak merugikan penjual.