Pengertian Siklus hidrologi dan Macam-Macam Jenis Siklus hidrologi

Air yang disebut siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah suatu proses perputaran air yang berlangsung terus menerus. Sumberutama terjadinya siklus hidrologi adalah sinar matahari.

Akibat adanya panas dari matahari terjadilah penguapan,yang berasal dari benda-benda mati seperti laut, danau, rawa,sungai yang disebut evaporasi dan yang berasal dari benda hidupseperti hutan yang disebut transpirasi. Uap air yang memilikimassa yang ringan kemudian naik, di tempat yang tinggi suhuudara semakin rendah sehingga uap air akan mengalami proseskondensasi.

Kondensasi adalah proses pengembunan uap air yangdapat dilihat sebagai awan.Di daerah yang beriklim dingin, uap air yang naik dapatberubah membeku atau mengkristal menjadi es atau salju, proses ini disebut sublimasi. dari proses kondensasi uap air yangada berkumpul menjadi awan dan akhirnya berubah menjadititik-titik air yang jatuh ke bumi sebagai hujan atau presipitasi.

Air hujan yang jatuh ke permukaan bumi sebagian meresap kedalam tanah menjadi air tanah yang kemudian ke luar lagisebagai mata air dan sebagian lagi mengalir di permukaan bumimenjadi sungai yang menuju ke danau atau ke laut.

Siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

1.   Siklus kecil, yaitu air laut yang menguap terkondensasi danmenjadi awan kemudian terjadi hujan dan jatuh ke laut.

2.   Siklus sedang, yaitu air laut yang menguap terkondensasi dandibawa oleh angin membentuk awan di atas daratan, jatuhsebagai hujan lalu meresap ke dalam tanah, ke sungai, atauke laut lagi.

3.   Siklus panjang atau besar, yaitu air laut yang menguapmenjadi gas kemudian terjadi sublimasi membentuk kristal-kristales yang terbawa angin ke daratan atau pegununganyang tinggi dan jatuh menjadi hujan es atau salju, laluterbentuk gletser masuk ke sungai dan menuju ke laut.