Definisi Interaksi Sosial

Interaksi adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.

Sebagai anggota masyarakat, kita senantiasa mengadakan hubungan-hubungan atau interaksidengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Interaksi yang kita lakukan di masyarakat dipengaruhioleh sosialisasi yang telah kita jalani.

Seseorang yang tidak mengalami sosialisasi tidak akandapat berinteraksi dengan orang lain secara normal. Dengan kata lain, tanpa sosialisasi seseorangakan menjadi terasing dan tidak dapat bergaul dengan orang lain. Interaksi sosial merupakanproses sosial yang selalu terjadi dalam masyarakat sebagai bagian dari aktivitas kehidupannya.

Sebagai proses sosial, interaksi sosial terjadi karena adanya kontak sosial dan komunikasi. Salahsatu alasan yang mendorong manusia melakukan interaksi adalah untuk memenuhi kebutuhanhidupnya.

Sebagai dasar dari proses sosial, interaksi sosial merupakan kuncidari semua kehidupan sosial. Tanpa adanya interaksi, maka tidakakan ada kehidupan bersama dalam masyarakat.Interaksi sosial yang kita lakukan setiap hari dengan orangorangyang ada di sekitar kita, seperti teman, keluarga, atautetangga merupakan intisari dari kehidupan bersama dalamsuatu masyarakat.

Interaksi itu dilakukan umumnyaberhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup manusiayang sangat kompleks yang tidak mungkin mampu dipenuhiseorang diri tanpa melakukan hubungan dengan orang lain.