Bentuk-Bentuk Tindakan Sosial

Tindakan sosial yang dilakukan oleh manusia dapatdibedakan ke dalam beberapa kategori, yaitu tindakan sosialyang bersifat rasional, irasional, dan tradisional.

1) Tindakan sosial yang bersifat rasional

Tindakan sosial yang bersifat rasional adalah tindakansosial yang dilakukan dengan pertimbangan dan pilihansecara sadar, meliputi suatu unsur yang sistematis danteratur untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.Contohnya, Pak Wawan sebagai pelatih sepak bola diSMPN 1 Kujang mengatur taktik permainan untukmemenangkan babak final kejuaraan sepak bolaantarsiswa SMP se-kabupaten.Contoh lainnya, untuk membantu pemahamanmengenai pelajaran yang tidak bisa dimengerti di sekolah,Andri bergabung dengan sebuah lembaga bimbinganbelajar terkemuka yang ada di kotanya.

2) Tindakan sosial yang bersifat irasional

Tindakan sosial yang bersifat irasional adalah tindakansosial yang berorientasi pada suatu sistem nilai tertentu.Tindakan yang akan dilakukan bersifat tiba-tiba tanpamemperhitungkan asas dan tujuan tindakan. Contohnya,menolong orang yang kecelakaan. Contoh lainnya adalahmemberi persembahan kepada jin penunggu tempatyang dikeramatkan.

3) Tindakan sosial yang bersifat tradisional

Tindakan sosial yang bersifat tradisional adalah tindakansosial yang menggunakan pertimbangan tradisi yangsudah baku, sehingga tidak memperhitungkan prosessosial dan tujuannya.Contohnya Upacara Seba, yaitu kebiasaan tradisionalsuku Badui saat mengadakan kunjungan ke kepalakabupaten setempat. Contoh lain adalah mencium tangandan mengucapkan salam kepada orang tua saat akan pergidari rumah.

Secara umum, semua tindakan yang dilakukan olehmanusia dalam masyarakat berhubungan dengan kebutuhanhidupnya. Dengan kata lain, tindakan dilakukan untukmemenuhi kebutuhan hidup manusia yang semakinkompleks seiring dengan perkembangan zaman.