Zaman-zaman di Masa Prasejarah

Masa sebelum memasuki masa sejarah disebut masa prasejarahatau masa pra-aksara. Zaman pra-aksara disebut juga zamanNirleka. Masa pra-aksara tidak dapat dilacak berdasarkansumber tulisan, karena pada masa tersebut belum ada tulisanatau belum dikenal aksara.

Namun, perkembangan kebudayaan manusia masa tersebutdapat dilacak berdasarkan sumber-sumber yang berupa fosilyakni sisa-sisa makhluk hidup yang hidup pada zaman tersebutdan telah membatu, serta artefak yakni alat-alat yang digunakanpada masa tersebut.

Pembabakan kehidupan manusia pada masa pra-aksara dapatdibagi menjadi beberapa zaman berdasarkan teknologi yangdigunakan. Pembabakan kehidupan manusia di zaman praaksara adalah sebagai berikut:

a. Zaman Batu Tua

Zaman batu tua disebut juga paleolitikum atau masa berburudan meramu. Pada zaman ini, kehidupan manusia masihsangat tergantung pada alam dan berpindah-pindah(nomaden). Makanan didapat dari sumber makanan yang adadi sekitar tempat tinggal. Tempat tinggal manusia pada masaini biasanya dekat dengan sumber air yang berpohon banyakdan berelief datar. Alat-alat yang digunakan masih sangatsederhana bentuknya dan terbuat dari batu atau tulang.

b. Zaman Batu Tengah

Zaman batu tengah disebut juga mesolitikum atau masaberburu dan meramu tingkat lanjutan. Pada zaman ini,manusia hidup di gua-gua dan masih berpindah-pindah.Makanan didapat dengan cara berburu hewan-hewan liardan buah-buahan dari pepohonan yang ada di hutan.Manusia masih menggunakan alat-alat terbatas yang terbuatdari batu dan tulang dengan bentuk yang lebih baik. Sumberdaya alam masih mampu memenuhi kebutuhan hidupmanusia.

c. Zaman Batu Baru

Zaman batu baru disebut juga neolitikum atau masabercocok tanam. Pada zaman ini, manusia mulai mengenalbercocok tanam secara berladang dan tinggal menetap didekat ladang-ladang yang mereka buat setelah membabathutan dengan sistem ladang berpindah. Setelah berkali-kalipanen dan kesuburan ladang berkurang, mereka akanberpindah dan membuka ladang baru di tanah yang masihsubur. Pada masa ini, manusia mulai memelihara hewanternak dan hidup dalam kelompok-kelompok besar sertamulai mengenal kepemimpinan secara terbatas. Peralatanyang digunakan masih terbuat dari batu yang berbentuklebih baik dan diasah hingga halus.

d. Zaman Logam

Zaman logam disebut juga masa perunggu dan besi ataumasa perundagian. Pada zaman ini, manusia telah menetapdan mulai mengenal pembagian kerja berdasarkan keahliantertentu. Karena itu, kehidupan masyarakat pada zaman ini telah mengenal adanya pembagian status berdasarkanjumlah kekayaan yang dimiliki. Manusia pada zaman ini jugatelah mengenal peralatan yang terbuat dari logam tertentuyang mudah didapat seperti perunggu dan besi.