Rangkuman Materi Pelajaran tentang Permukaan Bumi

1.   Keadaan relief permukaan bumi dipengaruhi oleh proses alami yang berlangsung sangatlama. Proses alamiah ini digerakkan oleh tenaga geologi.
2.   Tenaga geologi dibedakan atas tenaga endogen dan tenaga eksogen.
3.   Tenaga endogen secara umum ada dua macam, yaitu tektonisme dan vulkanisme.
4.   Peristiwa alam tektonisme dapat berupa pelipatan, perggeseran, dan pengangkatanyang membentuk struktur permukaan bumi.
5.   Proses pembentukan kembali kulit bumi yang berupa gunung, pegunungan, plato,lembah, dan retakan yang terjadi akibat gerakan lempeng bumi dinamakan gejaladiastrofisme.
6.   Gejala-gejala alam akibat pergerakan magma disebut vulkanisme. Vulkanismedibedakan atas intrusi dan ekstrusi magma.
7.   Getaran di muka bumi yang terjadi karena pergerakan tektonis maupun vulkanis bumidinamakan gempa bumi atau seisme.
8.   Gempa bumi dibedakan tiga jenis, yaitu gempa tektonik, gempa vulkanik, dan runtuhanatau terban.
9.   Tenaga pengubah bentuk muka bumi yang berasal dari luar disebut tenaga eksogen.Tenaga eksogen mengubah bentuk permukaan bumi dengan merusak, misalnya melaluipelapukan, erosi, abrasi, sedimentasi.
10. Proses-proses alami pembentukan permukaan bumi karena tenaga endogen daneksogen menghasilkan dampak-dampak positif maupun negatif bagi manusia.
11. Kehidupan manusia berkaitan erat dengan lingkungan hidupnya. Hal ini terjadi sejakmasa pra-aksara hingga saat ini.
12. Masa dua juta tahun terakhir disebut sebagai kuarnair. Pada masa ini terjadi perubahaniklim di seluruh dunia yang disebut glasial dan interglasial.
13. Perpindahan manusia pertama ke wilayah Indonesia diduga terjadi pada masa satujuta tahun yang lalu, yaitu pithecanthropus.
14. Perubahan kehidupan manusia di Indonesia pada masa pra-aksara dibedakanberdasarkan teknologi yang digunakan, yaitu zaman batu tua, zaman batu tengah,zaman batu bara, dan zaman logam.
15. Keberadaan dan kehidupan manusia purba dapat dilacak berdasarkan fosil-fosil danartefak yang ditemukan.