Letak, Luas, Batas Wilayah, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk Brunei Darussalam

Nama Asli : Brunei Darussalam
Ibu Kota : Bandar Seri Begawan
Bentuk Negara : Kerajaan
Kepala Negara : Sultan

Brunei Darussalam termasuk salah satu dari negara kecil di dunia. Dalam luas wilayah, Brunei Darussalam menempati urutan ke 148. Meskipun demikian, negara ini termasuk negara makmur di dunia.

Pendapatan per kapitanya menduduki peringkat 10 dunia.

a. Letak dan luas wilayah

Brunei Darussalam terletak di pantai barat laut Pulau Kalimantan, wilayah bagian utara menghadap ke Laut Cina Selatan. Wilayah bagian tengah Brunei terbagi oleh wilayah Malaysia.

Secara astronomis, Brunei Darussalam terletak pada 4oLU – 5oLU dan 114oBT – 115oBT. Batas-batas wilayah Brunei yaitu:

1) Sebelah utara: Laut Cina Selatan.
2) Sebelah timur: Serawak, Malaysia.
3) Sebelah selatan: Serawak, Malaysia.
4) Sebekah barat: Serawak, Malaysia.

Luas wilayah Brunei Darussalam hanya 5.765 km2. Luas wilayah tersebut mencakup 33 pulau kecil di sekitarnya.

b. Keadaan alam

Daerah tepi pantai Brunei berupa rawa-rawa hutan bakau. Adapun daerah pedalaman berupa perbukitan. Di daerah ini terdapat hutan hujan. Hutan ini menjadi tempat hidup berbagai satwa, sepert gajah, harimau tutul, dan kera.

Brunei juga memiliki sungai. Sebagian sungai mengalir ke daerah utara. Sungai terpanjang di Brunei adalah Sungai Belait. Brunei memiliki iklim tropis. Curah hujan rata-rata 2.000 mm per tahun. Puncak tertinggi di Brunei adalah Gunung Pagon. Ketinggiannya mencapai 1.850 m.

c. Keadaan penduduk

Jumlah penduduk Brunei Darussalam sekitar 330.000 jiwa. Sebagian besar merupakan keturunan Melayu. Sisanya adalah keturunan Cina dan India.

Dalam percakapan sehari-hari, penduduk Brunei menggunakan bahasa Melayu, Inggris, dan Cina. Bahasa Melayu menjadi bahasa nasional. Pemerintah menyediakan perawatan kesehatan dan pendidikan secara cuma-cuma (gratis). Kekayaan minyak bumi menjadikan Brunei tumbuh menjadi negara kaya.