Letak, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk di Benua Asia

Luas Benua Asia mencapai sepertiga luas daratan bumi, yaitu 44,6 juta km2. Benua Asia dan Benua Eropa terletak pada satu daratan yang hanya dibatasi oleh Pegunungan Ural dan Pegunungan Kaukasus.

Asia merupakan benua terbesar di dunia.

a. Letak

Secara astronomis, Benua Asia terletak antara 11o16’ LU – 77o41’ LU dan antara 26o04’ BT – 169o40’ BT. Adapun batas-batas benua Asia yaitu:

1) Sebelah utara: Samudra Arktik dan Laut Bering.
2) Sebelah selatan: Samudra Hindia.
3) Sebelah timur: Samudra Pasifik.
4) Sebelah barat: Laut Tengah dan Laut Merah.

b. Kenampakan alam

Kenampakan alam Benua Asia sangat bervariasi. Di Benua ini dapat ditemukan titik tertinggi di dunia dan sekaligus titik terendah di dunia. Titik tertinggi terdapat di Pegunungan Himalaya, tepatnya adalah Mount Everest.

Adapun titik terendah adalah Laut Mati di Yordania.

Secara geologis, Benua Asia merupakan benua paling aktif di dunia. Banyak gunung api di benua ini, terutama di kawasan Asia Timur. Kawasan ini menghadap ke Samudra Pasifik.

Wilayah Asia Tengah merupakan daerah paling bergunung-gunung di dunia. Kawasan ini juga jauh dari pelabuhan. Semua wilayah Asia Tengah berupa daratan. Kawasan ini jauh dari samudra. Pada umumnya, Asia Tengah merupakan daerah kering.

Di kawasan Asia Selatan dapat dijumpai dataran rendah, terutama di India dan Bangladesh. Daerah ini dialiri sungai-sungai besar, seperti Sungai Gangga dan Sungai Indus. Sungai juga dapat ditemui di kawasan Asia Timur, seperti Sungai Kuning (Sungai Huang Ho) dan Sungai Yang Tze.

Kawasan Asia Barat merupakan daratan luas berbatu, gurun pasir, dan pegunungan. Di daerah ini banyak terdapat gurun pasir, seperti Gurun Rub’al Khali dan Gurun An Nafud. Kenampakan alam lain di kawasan Asia Barat adalah sungai, seperti Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Gurun pasir juga dapat dijumpai di Asia Tengah dan Asia Timur. Gurun pasir terbesar di Asia Timur adalah Gurun Gobi.

Benua Asia memiliki iklim yang bervariasi. Ada kawasan yang beriklim mediterania, seperti di Asia Barat. Iklim tropis/subtropis gurun terdapat di kawasan Asia Barat. Iklim subtropis terdapat di kawasan Asia Timur.

Gugusan kepulauan banyak ditemui di Asia Tenggara. Kawasan ini beriklim tropis seperti di Asia Tenggara. Di Benua Asia juga memiliki banyak hutan. Sekitar 16% wilayah Asia ditutupi hutan. Kawasan hutan terbesar terdapat di Siberia, Cina, dan Asia Tenggara.

c. Keadaan penduduk

Asia merupakan benua terpadat di dunia. Sekitar 60% penduduk dunia tinggal di Asia. Bahkan, seperlima penduduk dunia tinggal di Asia Selatan. Cina, India, dan Indonesia tercatat sebagai 4 besar dunia dalam hal jumlah penduduk. Namun ada pula wilayah Benua Asia yang tidak dihuni, seperti beberapa tempat di Siberia, Tibet, dan Saudi Arabia.

Penduduk Asia terdiri dari berbagai rumpun, seperti:

1)   Orang Mongolia, Cina, Jepang, Korea, Mancu, Melayu, Tibet, dan Thailand termasuk rumpun Mongoloid. Ciri-ciri yang dimiliki antara lain kulit kuning dan bermata sipit.
2)   Orang Yahudi, Arab, Iran, dan India termasuk rumpun Kaukasoid. Ciri-cirinya antara lain kulit putih dan bermata biru.
3)   Orang Asia Selatan dan Asia Tenggara termasuk rumpun Negroid. Ciri-cirinya antara lain kulit hitam, rambut keriting, dan bibir tebal.

Kegiatan ekonomi yang dilakukan penduduk di Benua Asia sangat beragam. Daerah Asia Timur banyak berkembang sektor industri. Di kawasan barat, bidang pertambangan menjadi kegiatan ekonomi utama penduduk.

Bidang pertanian dan kehutanan banyak dilakukan penduduk di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.