Keadaan Alam di Benua Antartika

Antartika merupakan benua terdingin di dunia. Luas Benua Antartika adalah 13.200.000 km². Sebagian besar wilayahnya tertutup es sepanjang tahun. Di daerah pedalaman Antartika tidak terdapat kehidupan makhluk hidup. Suhu rata-rata Benua Antartika pada musim dingin antara –40oC dan –70oC, adapun di daerah pantai memiliki suhu rata-rata –20oC dan –30oC.

Suhu terendah di Benua Antartika mencapai -89,2o C dan suhu tertinggi 11oC. Benua Antartika mulai dikenal sejak abad ke-19. Benua ini ditemukan pertama kali pada tahun 1820-an. Roald Amundsen adalah orang yang pertama kali menginjakkan kaki di benua ini pada tahun 1911.

Keberadaan Benua Antartika sudah diduga sejak lama. Bahkan pada tahun 1513, Admiral Piri Reis pernah membuat sebuah peta benua selatan yang mirip dengan Pantai Antartika.

Tidak ada pemukim tetap di Benua Antartika, namun ada 29 negara memiliki stasiun riset yang umumnya selalu digunakan sepanjang tahun. Pada musim dingin, terdapat 1.000 orang penduduk di Antartika. Di musim panas, jumlah penduduk meningkat hingga mencapai sekitar 4.000 orang. Para penduduk tersebut adalah wisatawan dan para peneliti.