Ciri Khas Negara Jerman

Luas wilayah Jerman adalah 357.021 km2. Wilayah tersebut dihuni sekitar 82.220.000 jiwa. Secara geografis, Jerman terletak di bagian tengah Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Alpen di sebelah selatan hingga Laut Utara dan Laut Baltik di sebelah utara. Jerman memiliki batas daratan dengan 9 negara Eropa lainnya.

Penduduk asli Jerman merupakan keturunan suku bangsa Germania. Suku bangsa ini telah menempati wilayah Jerman sejak 3.000 tahun yang lalu.

Keadaan alam Jerman sangat bervariasi. Kenampakan alam negara tersebut mencakup perbukitan dan pegunungan yang ditutupi hutan lebat, dataran, danau, dan sungai yang berkelok-kelok. Kenampakan alam Jerman dapat dibedakan menjadi 3 kelompok wilayah, yaitu:

1) Daerah utara

Daerah utara berupa dataran rendah. Dataran ini memanjang sampai ke perbatasan Belanda dan Polandia. Dataran rendah di bagian utara merupakan daerah kering berpasir dan hanya ditumbuhi semak belukar. Sungai yang mengalir di daerah utara adalah Sungai Elbe.

2) Daerah tengah

Daerah tengah merupakan dataran tinggi. Di daerah ini banyak terdapat bukit, gunung, sungai, dan lembah. Dataran tinggi di bagian tengah menjadi batas antara daerah utara dan daerah selatan.

3) Daerah selatan

Kenampakan alam di daerah selatan berupa perbukitan, pegunungan, dan lembah. Pegunungan yang terdapat di daerah selatan merupakan rangkaian Pegunungan Alpen yang disebut Pegunungan Alpen Bavaria. Lembah di daerah ini tertutup hutan yang lebat. Kawasan hutan yang terkenal adalah The Black Forest.

Kegiatan ekonomi utama yang dilakukan penduduk Jerman adalah industri. Industri utama Jerman adalah barang elektronik dan mesin. Sejak tahun 1990an, Jerman merupakan produsen kendaraan bermotor terbesar ketiga di dunia.

Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Jerman adalah pertanian. Hasil pertanian Jerman antara lain barlei, gandum, dan sereal. Jerman termasuk 10 negara terbesar penghasil sereal di dunia.

Ciri khas yang dimiliki Jerman yaitu:

1)   merupakan negara produsen kendaran bermotor terbesar ketiga di dunia,
2)   pernah terpisah menjadi 2 negara, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur selama 35 tahun,
3)   merupakan penyatuan dari 2 negara, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur,
4)   termasuk 10 negara penghasil sereal terbesar di dunia,
5)   disebut juga Negara Bavaria,
6)   merupakan negara produsen kendaraan bermotor terkemuka di dunia.