Ciri Khas Negara India

India merupakan negara republik. Kepala negaranya adalah seorang presiden dan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Ibu kota India adalah New Delhi. Bahasa resminya adalah bahasa Hindi.

Luas wilayah mencapai 3.287.263 km2. Luas wilayah tersebut dihuni 1.027.000.000 jiwa penduduk. India menduduki peringkat kedua dunia dalam hal jumlah penduduk. Daerah terpadat adalah di bagian utara.

Penduduk asli India adalah bangsa Indo Arya dan Dravida. Agama yang dianut penduduk India adalah Hindu, Islam, Kristen, dan Buddha. Agama terbesar adalah Hindu.

Kenampakan alam utama India adalah pegunungan dan dataran tinggi. Pegunungan terdapat di bagian utara. Di daerah ini terdapat Pegunungan Himalaya yang merupakan pegunungan tertinggi di dunia. Puncak tertinggi dari pegunungan tersebut adalah Mount Everest (Gauri Sangkar). Daerah pegunungan dialiri 2 sungai utama, yaitu Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra.

Dataran tinggi terdapat di bagian selatan, tengah, dan timur. Di sebelah selatan terdapat Dataran Tinggi Dekkan. Di daerah tengah terdapat Dataran Tinggi Assam. Dataran tinggi ini menjadi daerah penghasil teh terbesar di dunia. Di bagian timur India terdapat Dataran Tinggi Koromandel. Dataran rendah terdapat di bagian tengah dan barat. Dataran rendah di bagian tengah adalah Dataran Rendah Hindustan. Di bagian barat terdapat Dataran Rendah Gurun Thar merupakan batas alam antara India dengan pakistan.

Di daerah barat juga terdapat Gurun Thar. Gurun ini menjadi batas alam antara India dengan Pakistan.

Kegiatan ekonomi penduduk India adalah pertanian, pertambangan, dan industri. Bidang pertanian merupakan yang paling banyak dilakukan penduduk. India memiliki lahan pertanian seluas 600.000 km2. Hasil utama pertanian India adalah padi dan rempah-rempah. Pertambangan India menghasilkan minyak, batu bara, seng, tembaga, perak, dan emas. Industri yang berkembang di India antara lain perangkat lunak komputer, telekomunikasi, dan film.

Ciri khas yang dimiliki India antara lain:

1) memiliki pakaian khas yang disebut sari,
2) terdapat Taj Mahal yang merupakan makam Syeh Jehan di Kota Agra,
3) terdapat Bollywood yang menjadi salah satu pusat film Asia,
4) terdapat Pegunungan Himalaya yang merupakan pegunungan terluas di dunia
5) terdapat Mount Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia,
6) terdapat Sungai Gangga yang merupakan sungai suci bagi umat Hindu,
7) negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia.