Skala Prioritas Kebutuhan Manusia

Karena kebutuhan manusia jumlahnya tak terbatas sedang alat pemenuhan kebutuhan yang dimiliki oleh manusia jumlahnya sangat terbatas, maka timbul kelangkaan. Salah satu cara yang harus dilakukan oleh manusia untuk menghadapi kelangkaan tersebut adalah dengan menyusun skala prioritas.

Apakah skala prioritas itu? Skala prioritas kebutuhan adalah urut-urutan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan alat pemenuhan kebutuhan yang dimilikinya.

Penyusunan skala prioritas sangat tergantung pada intensitas kebutuhan masing-masing individu. Sehingga dimungkinkan setiap individu mempunyai skala prioritas yang berbeda-beda. Skala prioritas kebutuhan seorang ibu rumah tangga berbeda dengan skala prioritas seorang pelajar, berbeda dengan skala prioritas kebutuhan petani dan lain-lain.

Meskipun penyusunan skala prioritas kebutuhan antara orang yang satu dengan orang yang lain berbeda-beda, tetapi secara garis besar penyusunan skala prioritas kebutuhan dapat dilakukan berdasarkan intensitas kebutuhan masing-masing orang yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Untuk dapat menghadapi masalah-masalah ekonomi yang lebih komplek dan rumit, manusia harus mempelajari ilmu ekonomi. Apakah ilmu ekonomi itu? Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomeia yang merupakan gabungan dari kata oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti aturan atau hukum. Jadi, ekonomi berarti ilmu yang mengatur rumah tangga. Dalam hal ini rumah tangga memiliki pengertian yang luas, yaitu rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan, rumah tangga negara, dan rumah tangga dunia.

Berdasarkan pengertian di atas, terdapat hal-hal pokok dalam ilmu ekonomi yaitu:

1. Kebutuhan manusia.
2. Adanya usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
3. Tujuan manusia untuk mencapai kemakmuran.

Setiap kejadian atau peristiwa yang timbul dalam usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut peristiwa ekonomi. Usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang beraneka ragam dan terus-menerus serta menggunakan berbagai macam alat kebutuhan disebut perbuatan/kegiatan ekonomi. Apa tujuan kita mempelajari ilmu ekonomi? Tujuan mempelajari ilmu ekonomi secara garis besar dapat disebutkan sebagai berikut:

1.   Untuk mempelajari berbagai masalah ekonomi dan memberikan cara penyelesaian masalah tersebut.
2.   Mempelajari cara-cara pemenuhan kebutuhan manusia yang beraneka ragam, baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.
3.   Mempelajari berbagai alat, sarana dan prasarana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
4.   Untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan hidup.