Ciri-Ciri Orang / Manusia Yang Menerapkan Prinsip Ekonomi

Berikut ini adalah ciri-ciri perilaku orang yang berpegang pada prinsip ekonomi.

a. Bersikap Hemat

Orang yang menerapkan prinsip ekonomi akan bersikaphemat. Ia tidak akan bertindak boros karena bertentangandengan prinsip ekonomi. Pada saat berbelanja, orang yangmenerapkan prinsip ekonomi akan memilih barang yangberkualitas dengan harga murah. Ia pun hanya akan membelibarang-barang yang benar-benar dibutuhkan.

b. Menentukan Skala Prioritas

Orang yang menerapkan prinsip ekonomi akan membuatskala prioritas dalam memenuhi kebutuhannya. Kita pernahmembuat daftar skala prioritas. Daftar Skala Prioritas (DSP)adalah daftar urutan kebutuhan berdasarkan tingkatkepentingannya.

Adapun upaya memprioritaskan kebutuhan dipengaruhi hal-hal sebagai berikut:

1) Tingkat pendapatan seseorang

Pendapatan seseorang pasti akan memengaruhi DSPyang dibuatnya. Orang dengan pendapatan tinggimemiliki DSP yang berbeda dengan orang yangberpendapatan sedang apalagi rendah. Namun, berapapun tingkat pendapatan seseorang, harus diusahakan agar
jangan sampai pengeluaran lebih besar daripadapendapatan.

2) Status kedudukan seseorang

Status juga memengaruhi DSP yang dibuat seseorang.Orang dengan status sosial tertentu sering harusmemprioritaskan kebutuhan-kebutuhan tertentu pula.Bagi seorang pejabat negara, jas dan dasi tentu menjadiprioritas kebutuhan mereka, akan tetapi barang-barangtersebut bukan prioritas bagi para petani di desa.

3) Faktor lingkungan

Lingkungan juga sangat memengaruhi penyusunan DSP.Orang yang hidup di lingkungan yang setiap minggumengadakan kerja bakti, misalnya, alat-alat kebersihanmungkin menjadi prioritasnya. Sementara bagi orangyang hidup di lingkungan yang gemar berpesta danbergaya hidup mewah, prioritasnya mungkin baju pesta.

c. Bertindak secara Rasional dan Ekonomis

Seseorang yang menerapkan prinsip ekonomi akanbertindak rasional atau bertindak sesuai dengan nalar akalsehat. Ia akan lebih memilih sesuatu yang sudah pastihasilnya daripada sesuatu yang masih bersifat spekulasi (aduuntung dan rugi). Ketika menjalankan usaha atau bisnis,seorang yang menerapkan prinsip ekonomi akan senantiasamerancang bisnisnya dengan pertimbangan yang matang.

d. Bertindak dengan Prinsip Cost and Benefit

Seseorang yang bertindak berdasarkan prinsip cost and benefitselalu memperhitungkan antara biaya (cost) yangdikeluarkan dengan manfaat (benefit) yang akandiperolehnya sebelum melakukan tindakan ekonomi.