3 Jenis Kebutuhan Hidup Manusia

Manusia memiliki kebutuhan hidup yang sangat beragam.Kebutuhan tersebut dikelompokkan menjadi tiga, yaitukebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhanintegratif.

1) Kebutuhan hidup yang mendasar (kebutuhan primer)

Manusia dalam mempertahankan hidupnya memerlukanberbagai macam kebutuhan. Dari berbagaikebutuhan yang ada, terdapat kebutuhan yang harusselalu dipenuhi agar manusia tersebut bisa hidup. Jeniskebutuhan tersebut disebut kebutuhan dasar.Kebutuhan dasar ini bersifat primer, artinya dibutuhkanoleh semua manusia di dunia ini. Apabila kebutuhandasar ini tidak tercukupi, maka manusia tidak bisa hidup.Jenis kebutuhan dasar mencakup sandang, pangan, danpapan. Kebutuhan dasar ini muncul sebagai doronganbiologis manusia untuk dapat bertahan.

a) Makanan dan minuman

Makanan berguna sebagai sumber tenaga yangdipergunakan untuk melakukan berbagai kegiatanhidup.Jenis makanan yang dikonsumsi setiap orang berbedabedatergantung pada adat kebiasaan, keadaanwilayah, dan ketersediaan sumber daya alam.Misalnya, suku Dani di pedalaman Papua mengonsumsiubi sebagai makanan utama, orang Eskimomengonsumsi daging, dan orang Eropa umumnyamengonsumsi roti dan gandum.Selain makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari,untuk mencukupi kebutuhan gizi kita memerlukanmakanan tambahan. Dalam masyarakat Indonesiadikenal dengan prinsip empat sehat lima sempurna.

b) Tempat perlindungan

Sebagai makhluk yang memiliki akal dan pikiran,manusia dianugerahi Tuhan kemampuan untukberpikir. Salah satunya berpikir cara melindungi diridari berbagai ancaman, baik yang datang dari alam(hujan, badai, dan panas), maupun yang datang darimanusia sendiri (perampokan dan penjarahan).Untuk melindungi dirinya, manusia menciptakanberbagai alat yang bisa dipergunakan sebagai senjata.Untuk melindungi dari ancaman alam, manusiamenciptakan rumah dengan berbagai bentuk sesuaidengan kondisi alam. Rumah yang berada di daerahberiklim tropis tentu saja berbeda dengan bentukrumah yang berada di daerah beriklim kutub.

2) Kebutuhan sekunder (kebutuhan sosial)

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berfungsimelengkapi atau memperbaiki kelangsungan hidupmanusia. Apabila kebutuhan sekunder ini tidakterpenuhi, maka tidak akan menimbulkan gangguanyang berarti.

a) Kegiatan bersama

Homo socius atau makhluk sosial merupakan predikatmanusia sebagai makhluk yang tidak dapat hidupsendiri dalam kehidupannya. Kelangsunganhidupnya sangat tergantung pada bantuan orang lain,mulai dari kegiatan dengan skala yang besar sampaipada kegiatan yang skalanya kecil. Pola hubungansosial tersebut merupakan simpul yang salingmenyatu, dalam arti tidak dapat terpisahkan satudengan yang lainnya. Contohnya, Pak Tani menanampadi untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat.Di samping itu, Pak Tani juga membutuhkan pakaianyang tidak dapat diproduksi sendiri dan tersedia ditoko pakaian. Maka terjadilah hubungan timbal balikyang saling membutuhkan antara Pak Tani denganprodusen pakaian dan toko pakaian.

b) Komunikasi dengan sesama

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusiadituntut untuk selalu berkomunikasi dengansesamanya. Dengan komunikasi, terjadi pertukaraninformasi. Selain itu komunikasi juga memiliki nilaiyang lebih tinggi yaitu merekatkan tali silaturahmi.Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,sarana komunikasi sangat banyak dan mudahdipergunakan. Ditemukannya teknologi internet,memungkinkan orang yang berada di Benua Asiadapat berkomunikasi dengan orang yang berada diBenua Afrika, sehingga dapat mempercepat waktudan jarak.

c) Pendidikan

Pendidikan merupakan usaha sadar manusia untukmewujudkan sisi 'kemanusiaan' manusia. Denganpendidikan, pola perilaku manusia dapat berubahdari tidak berpendidikan menjadi seorang yang berpendidikan.Secara formal, pendidikan dilangsungkan di dalamkelas yang diawasi oleh guru dengan berpatokan padaaturan yang telah ditentukan. Tujuh tahun yang lalu,kamu mulai memasuki sekolah, yaitu sebuah duniayang penuh dengan berbagai bidang keilmuan mulaicara membaca sampai cara berhitung. Untukmendapatkan ilmu yang banyak, kamu harus belajardan banyak bertanya.

Apakah pendidikan harus selalu dilakukan di dalamkelas seperti yang biasa kamu lakukan setiap hari?Jawabannya, tidak. Pendidikan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, ada atau tidak adapembimbing. Ilmu yang kita pelajari setiap harinyatidak akan pernah habis, semakin digali suatu ilmu,semakin besar pula manfaat yang dapat kita ambil.Maka semakin pintarlah kita. Orang yang berpendidikanbiasanya akan mendapatkan penghargaanlebih di mata masyarakat.

3) Kebutuhan integratif

Kebutuhan integratif adalah jenis kebutuhan akankebersamaan, persatuan, dan keberpaduan. Sebagaimakhluk yang berpikir, manusia selalu mencari jalanagar mereka tetap bersatu dan tidak hanya memikirkandirinya sendiri. Misalnya Thomas Alfa Edison yangmenciptakan bola lampu pijar. Hasil temuannya sampaisekarang dipergunakan oleh seluruh penduduk dunia dantidak dipergunakan sendiri oleh Edison.Kebutuhan integratif meliputi hal-hal sebagai berikut:

a) Prinsip benar dan salah

Prinsip benar salah adalah asas penilaian yang menjadidasar seseorang untuk memutuskan dan menjalankansesuatu. Dengan adanya prinsip ini, manusiamemiliki pagar sebagai batas tindakannya agar tidaksemena-mena atau sekehendak hati. Misalnya,tindakan mencuri merupakan tindakan yang salahkarena bertentangan dengan nilai dan norma yangberlaku di masyarakat. Selain merugikan diri sendirijuga akan merugikan orang yang kehilangan barangtersebut.

Prinsip benar salah dihasilkan dari pemikiran akalmanusia terhadap penilaian sesuatu dengan berdasarpada keserasian. Melalui kemampuan berpikirnya,Support Our Local LiteracyMovementJika dilihat dari arti katanya,literacy berarti kemampuanmembaca dan menulis. Kelihatannyasederhana ya? Bahkansekarang, adik-adik kita yangduduk di taman kanak-kanak punsudah belajar membaca danmenulis. Bahkan banyak juga adikkita yang sudah pandai membacasebelum umur mereka genap limatahun.

Seiring dengan berkembangnyaperadaban manusia dan semakinbanyaknya orang yang dapatmembaca dan menulis, literacytidak lagi dimaknai sekadarmemiliki kemampuan membacadan menulis saja, tetapi literacyjuga berarti kemampuan seseorangmemahami makna dibalik bacaan dan tulisan.manusia dapat membuat penggolongan berbagaiperilaku sehingga perilaku manusia mengarah padasuatu keteraturan sosial. Hal inilah yang sangatdibutuhkan manusia sebagai simpul pemersatu
masing-masing individu yang berbeda. Prinsip benardan salah berfungsi sebagai alat pengontrol tindakanmanusia.

b) Ungkapan perasaan kolektif atau kebersamaan

Pengungkapan perasaan kolektif atau kebersamaandapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Misalnyapengungkapan perasaan seorang pria kepada wanitayang kemudian ditindaklanjuti dengan perkawinan.Timbulnya perasaan kolektif itu merupakan sifathakiki manusia karena keinginannya untukberkumpul dan bersatu dengan sesamanya. Bentukyang lebih luas dapat kita saksikan pada pestademokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekali,di mana setiap penduduk bersatu untuk menyalurkanhak pilihnya guna menentukan pemimpinbangsa.

c) Keyakinan diri (self confidence) dan keberadaan(exsistence)

Perasaan keyakinan diri yang melekat pada dirimanusia dapat menjadi sebuah kekuatan, sehinggaia dapat berpikir positif terhadap segala sesuatu yangberada di sekitarnya. Contohnya, kamu harusmemiliki keyakinan diri untuk dapat menjuarai suatukejuaraan apabila kamu telah bertekad untukmenang. Keberadaan adalah usaha manusia untukselalu mempertahankan eksistensi dirinya.

d) Pengungkapan nilai estetika atau keindahan

Nilai estetika merupakan nilai yang abstrak, dalamarti setiap orang memiliki ukuran yang berbeda dalammenilai sesuatu apakah indah, bagus, atau tidaknya.Kata esetetika berasal daribahasa Yunani yaitu aisthetikosyang berarti dapat dipersepsioleh indra manusia.

Pengungkapan nilai estetika atau keindahandiwujudkan dalam berbagai bentuk, dari wujud geraksampai wujud bentuk. Contohnya, penikmat senimemandang lukisan Affandi akan berdecak kagumdan memuji hasil karyanya. Tetapi orang awam yangtidak begitu paham akan seni lukis, menganggapkarya Affandi tersebut hanya berupa coretan cat dikanvas yang tidak mengandung arti apa-apa.

e) Rekreasi dan hiburan

Rekreasi dan hiburan pada dasarnya hampir sama,perbedaannya hanya terdapat pada letak pemenuhannya.Rekreasi merupakan sebuah kegiatan yangditujukan sebagai pemulihan kembali suasana(refresh) setelah bergelut dengan berbagai aktivitasrutin. Sedangkan hiburan ditujukan hanya untukmencari kesenangan semata.