Manusia memiliki kebutuhan hidup yang sangat
beragam.Kebutuhan tersebut dikelompokkan menjadi tiga, yaitukebutuhan primer,
kebutuhan sekunder, dan kebutuhanintegratif.
1)
Kebutuhan hidup yang mendasar (kebutuhan primer)
Manusia dalam mempertahankan hidupnya
memerlukanberbagai macam kebutuhan. Dari berbagaikebutuhan yang ada, terdapat
kebutuhan yang harusselalu dipenuhi agar manusia tersebut bisa hidup.
Jeniskebutuhan tersebut disebut kebutuhan dasar.Kebutuhan dasar ini bersifat
primer, artinya dibutuhkanoleh semua manusia di dunia ini. Apabila
kebutuhandasar ini tidak tercukupi, maka manusia tidak bisa hidup.Jenis
kebutuhan dasar mencakup sandang, pangan, danpapan. Kebutuhan dasar ini muncul
sebagai doronganbiologis manusia untuk dapat bertahan.
a) Makanan
dan minuman
Makanan berguna sebagai sumber tenaga
yangdipergunakan untuk melakukan berbagai kegiatanhidup.Jenis makanan yang
dikonsumsi setiap orang berbedabedatergantung pada adat kebiasaan,
keadaanwilayah, dan ketersediaan sumber daya alam.Misalnya, suku Dani di pedalaman
Papua mengonsumsiubi sebagai makanan utama, orang Eskimomengonsumsi daging, dan
orang Eropa umumnyamengonsumsi roti dan gandum.Selain makanan pokok yang
dikonsumsi setiap hari,untuk mencukupi kebutuhan gizi kita memerlukanmakanan
tambahan. Dalam masyarakat Indonesiadikenal dengan prinsip empat sehat lima
sempurna.
b) Tempat
perlindungan
Sebagai makhluk yang memiliki akal dan
pikiran,manusia dianugerahi Tuhan kemampuan untukberpikir. Salah satunya
berpikir cara melindungi diridari berbagai ancaman, baik yang datang dari
alam(hujan, badai, dan panas), maupun yang datang darimanusia sendiri
(perampokan dan penjarahan).Untuk melindungi dirinya, manusia
menciptakanberbagai alat yang bisa dipergunakan sebagai senjata.Untuk
melindungi dari ancaman alam, manusiamenciptakan rumah dengan berbagai bentuk
sesuaidengan kondisi alam. Rumah yang berada di daerahberiklim tropis tentu
saja berbeda dengan bentukrumah yang berada di daerah beriklim kutub.
2)
Kebutuhan sekunder (kebutuhan sosial)
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang
berfungsimelengkapi atau memperbaiki kelangsungan hidupmanusia. Apabila
kebutuhan sekunder ini tidakterpenuhi, maka tidak akan menimbulkan gangguanyang
berarti.
a)
Kegiatan bersama
Homo socius atau makhluk sosial merupakan
predikatmanusia sebagai makhluk yang tidak dapat hidupsendiri dalam
kehidupannya. Kelangsunganhidupnya sangat tergantung pada bantuan orang
lain,mulai dari kegiatan dengan skala yang besar sampaipada kegiatan yang
skalanya kecil. Pola hubungansosial tersebut merupakan simpul yang
salingmenyatu, dalam arti tidak dapat terpisahkan satudengan yang lainnya.
Contohnya, Pak Tani menanampadi untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat.Di
samping itu, Pak Tani juga membutuhkan pakaianyang tidak dapat diproduksi
sendiri dan tersedia ditoko pakaian. Maka terjadilah hubungan timbal balikyang
saling membutuhkan antara Pak Tani denganprodusen pakaian dan toko pakaian.
b)
Komunikasi dengan sesama
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,
manusiadituntut untuk selalu berkomunikasi dengansesamanya. Dengan komunikasi,
terjadi pertukaraninformasi. Selain itu komunikasi juga memiliki nilaiyang
lebih tinggi yaitu merekatkan tali silaturahmi.Dengan kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi,sarana komunikasi sangat banyak dan mudahdipergunakan. Ditemukannya
teknologi internet,memungkinkan orang yang berada di Benua Asiadapat
berkomunikasi dengan orang yang berada diBenua Afrika, sehingga dapat
mempercepat waktudan jarak.
c)
Pendidikan
Pendidikan merupakan usaha sadar manusia
untukmewujudkan sisi 'kemanusiaan' manusia. Denganpendidikan, pola perilaku
manusia dapat berubahdari tidak berpendidikan menjadi seorang yang
berpendidikan.Secara formal, pendidikan dilangsungkan di dalamkelas yang
diawasi oleh guru dengan berpatokan padaaturan yang telah ditentukan. Tujuh
tahun yang lalu,kamu mulai memasuki sekolah, yaitu sebuah duniayang penuh
dengan berbagai bidang keilmuan mulaicara membaca sampai cara berhitung.
Untukmendapatkan ilmu yang banyak, kamu harus belajardan banyak bertanya.
Apakah pendidikan harus selalu dilakukan di
dalamkelas seperti yang biasa kamu lakukan setiap hari?Jawabannya, tidak.
Pendidikan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, ada atau tidak
adapembimbing. Ilmu yang kita pelajari setiap harinyatidak akan pernah habis,
semakin digali suatu ilmu,semakin besar pula manfaat yang dapat kita ambil.Maka
semakin pintarlah kita. Orang yang berpendidikanbiasanya akan mendapatkan
penghargaanlebih di mata masyarakat.
3)
Kebutuhan integratif
Kebutuhan integratif adalah jenis kebutuhan
akankebersamaan, persatuan, dan keberpaduan. Sebagaimakhluk yang berpikir,
manusia selalu mencari jalanagar mereka tetap bersatu dan tidak hanya
memikirkandirinya sendiri. Misalnya Thomas Alfa Edison yangmenciptakan bola
lampu pijar. Hasil temuannya sampaisekarang dipergunakan oleh seluruh penduduk
dunia dantidak dipergunakan sendiri oleh Edison.Kebutuhan integratif meliputi
hal-hal sebagai berikut:
a) Prinsip
benar dan salah
Prinsip benar salah adalah asas penilaian
yang menjadidasar seseorang untuk memutuskan dan menjalankansesuatu. Dengan
adanya prinsip ini, manusiamemiliki pagar sebagai batas tindakannya agar
tidaksemena-mena atau sekehendak hati. Misalnya,tindakan mencuri merupakan
tindakan yang salahkarena bertentangan dengan nilai dan norma yangberlaku di masyarakat.
Selain merugikan diri sendirijuga akan merugikan orang yang kehilangan
barangtersebut.
Prinsip benar salah dihasilkan dari pemikiran
akalmanusia terhadap penilaian sesuatu dengan berdasarpada keserasian. Melalui
kemampuan berpikirnya,Support Our Local LiteracyMovementJika dilihat dari arti
katanya,literacy berarti kemampuanmembaca dan menulis. Kelihatannyasederhana
ya? Bahkansekarang, adik-adik kita yangduduk di taman kanak-kanak punsudah
belajar membaca danmenulis. Bahkan banyak juga adikkita yang sudah pandai
membacasebelum umur mereka genap limatahun.
Seiring dengan berkembangnyaperadaban manusia
dan semakinbanyaknya orang yang dapatmembaca dan menulis, literacytidak lagi
dimaknai sekadarmemiliki kemampuan membacadan menulis saja, tetapi literacyjuga
berarti kemampuan seseorangmemahami makna dibalik bacaan dan tulisan.manusia
dapat membuat penggolongan berbagaiperilaku sehingga perilaku manusia mengarah
padasuatu keteraturan sosial. Hal inilah yang sangatdibutuhkan manusia sebagai
simpul pemersatu
masing-masing individu yang berbeda. Prinsip
benardan salah berfungsi sebagai alat pengontrol tindakanmanusia.
b)
Ungkapan perasaan kolektif atau kebersamaan
Pengungkapan perasaan kolektif atau
kebersamaandapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Misalnyapengungkapan
perasaan seorang pria kepada wanitayang kemudian ditindaklanjuti dengan
perkawinan.Timbulnya perasaan kolektif itu merupakan sifathakiki manusia karena
keinginannya untukberkumpul dan bersatu dengan sesamanya. Bentukyang lebih luas
dapat kita saksikan pada pestademokrasi yang diselenggarakan lima tahun
sekali,di mana setiap penduduk bersatu untuk menyalurkanhak pilihnya guna
menentukan pemimpinbangsa.
c)
Keyakinan diri (self confidence) dan keberadaan(exsistence)
Perasaan keyakinan diri yang melekat pada
dirimanusia dapat menjadi sebuah kekuatan, sehinggaia dapat berpikir positif
terhadap segala sesuatu yangberada di sekitarnya. Contohnya, kamu harusmemiliki
keyakinan diri untuk dapat menjuarai suatukejuaraan apabila kamu telah bertekad
untukmenang. Keberadaan adalah usaha manusia untukselalu mempertahankan
eksistensi dirinya.
d)
Pengungkapan nilai estetika atau keindahan
Nilai estetika merupakan nilai yang abstrak,
dalamarti setiap orang memiliki ukuran yang berbeda dalammenilai sesuatu apakah
indah, bagus, atau tidaknya.Kata esetetika berasal daribahasa Yunani yaitu
aisthetikosyang berarti dapat dipersepsioleh indra manusia.
Pengungkapan nilai estetika atau
keindahandiwujudkan dalam berbagai bentuk, dari wujud geraksampai wujud bentuk.
Contohnya, penikmat senimemandang lukisan Affandi akan berdecak kagumdan memuji
hasil karyanya. Tetapi orang awam yangtidak begitu paham akan seni lukis,
menganggapkarya Affandi tersebut hanya berupa coretan cat dikanvas yang tidak
mengandung arti apa-apa.
e)
Rekreasi dan hiburan
Rekreasi dan hiburan pada dasarnya hampir
sama,perbedaannya hanya terdapat pada letak pemenuhannya.Rekreasi merupakan
sebuah kegiatan yangditujukan sebagai pemulihan kembali suasana(refresh)
setelah bergelut dengan berbagai aktivitasrutin. Sedangkan hiburan ditujukan
hanya untukmencari kesenangan semata.