Pengertian / Definisi Gejala Alam dan Contohnya

Gejala alam adalah peristiwa yang disebabkan oleh alam. Banyak gejala alam yang terjadi di sekitar kita. Kita tentunya pernah membaca atau melihat berita mengenai banjir, gunung meletus, ataupun gempa bumi.

Lalu apa kaitan antara gejala alam dengan bencana alam? Bencana alam merupakan gejala alam yang mendatangkan kerugian bagi manusia. Bencana alam mampu menghancurkan harta benda manusia. Bahkan, bencana alam yang terjadi dapat merenggut nyawa manusia. Dalam tsunami yang terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam tanggal 26 Desember 2004, ratusan ribu orang meninggal dunia.

Keadaan sekitar Masjid Baiturrahman di Kota Keadaan sekitar Masjid Baiturrahman di Kota Banda Aceh sebelum tsunami. Banda Aceh setelah tsunami.

Terdapat 2 faktor yang memengaruhi gejala alam, yaitu keadaan alam dan perilaku manusia. Gejala alam yang dipengaruhi keadaan alam antara lain gempa bumi, gunung meletus, tanah longsor, banjir, dan angin topan. Adapun gejala alam yang terjadi akibat perilaku manusia adalah banjir dan tanah longsor.

Gejala alam yang terjadi di Indonesia juga terjadi di negara-negara tetangga. Mengapa demikian? Karena kenampakan alam negara-negara tetangga hampir sama dengan kenampakan alam di Indonesia. Misalnya, gempa bumi dan letusan gunung berapi juga dialami Filipina. Bencana tsunami pernah dialami Thailand. Banjir juga sering melanda Vietnam, Kamboja, dan Laos.