Letak, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk di Benua Australia

Benua Australia disebut Terra Australis Incognita, artinya daerah di selatan yang tidak diketahui. Pada tahun 1688, seorang penjelajah Inggris bernama William Dampies menemukan Australia. Selanjutnya pada tahun 1770, James Cook menyatakan bahwa Australia menjadi bagian dari Kerajaan Inggris.

Kerajaan Inggris kemudian membangun penjara di benua tersebut. Daerah tempat pendirian penjara itu kini menjadi Kota Sydney.

a. Letak

Secara geografis, Benua Australia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik di sebelah selatan. Batas-batas Benua Australia yaitu:

1) Sebelah utara: Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres.
2) Sebelah timur: Samudra Pasifik, Laut Koral, dan Laut Tasman.

Secara astronomis, benua ini terletak pada 10o41’ LS – 43o39’ LS dan antara 113o09’ BT – 153o30’ BT. Benua Australia memiliki luas 7.682.300 km2. Luas tersebut mencakup Pulau Tasmania dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

b. Kenampakan alam

Daratan Australia memiliki ketinggian di bawah 600 m. Maka dari itu, Australia dikatakan sebagai benua datar. Sebagian besar wilayah Australia sangat kering. Sekitar dua per tiga daratannya berupa gurun. Di bagian barat terdapat Gurun Gibson dan Gurun Great Sandy. Di daerah ini juga terdapat 3 gurun yang disebut Great Red Center. Ketiga gurun tersebut, yaitu Gurun Simpson, Gurun Tanami, dan Gurun Great Victoria.

Kenampakan alam utama di Australia adalah Great Dividing Range (Pegunungan Pembagi Besar). Rangkaian pegunungan tersebut yang berada di Australia bagian timur. Great Dividing Range membentang dari utara ke selatan. Puncak tertinggi dari pegunungan ini adalah Pegunungan Snowy. Titik tertingginya adalah Gunung Kosciusko.

Great Dividing Range membentuk deretan pegunungan dan plato di Tasmania. Di Australia bagian timur juga mengalir sungai terbesar di Australia, yaitu Sungai Murai. Sungai ini mengalir ke selatan beserta Sungai Darling sebagai anak sungainya.

Kenampakan alam lain di bagian timur adalah Great Artesian Basin (Cekungan Artesis Besar). Cekungan ini merupakan sumber air utama Australia.

Kenampakan alam lain di wilayah timur adalah Great Barriers Reef (Karang Penghalang Besar). Bukit karang ini melindungi Australia dari terjangan ombak Laut Koral. Great Barriers Reef juga menjadi tempat hidup berbagai macam hewan dan tumbuhan laut.

Kenampakan alam di daerah barat adalah deret pegunungan. Puncak tertingginya adalah Pegunungan Hammersley. Di bagian tengah membentang Pegunungan Macdonnell. Di daerah ini terdapat Ayers Rock (Uluru), yaitu sebuah batu dengan panjang 8 km dan tinggi 348 m. Di bagian Australia bagian tengah juga terdapat danau, yaitu Danau Eyre yang terletak di Pegunungan Flinders.

c. Keadaan penduduk

Wilayah Australia pertama kali didatangi manusia 40.000 tahun yang lalu. Mereka dipercaya sebagai nenek moyang suku Aborigin. Para pendatang ini kemudian hidup menyebar dan mengembangkan kebudayaan sebelum kedatangan bangsa Eropa. Mereka hidup secara berpindah-pindah. Bangsa Aborigin lebih suka disebut bangsa Kooris.

Orang Eropa mulai berdatangan ke Australia sejak ditemukannya emas pada tahun 1851. Saat ini, jumlah penduduk keturunan Eropa lebih banyak daripada suku Aborigin. Daerah di Australia yang banyak dihuni suku Aborigin adalah Nothern Territory. Selain keturunan bangsa Eropa dan suku Aborigin, penduduk Australia ada yang merupakan keturunan orang Asia dan Timur Tengah.