Ciri Khas Negara Kerajaan Inggris

Luas wilayah Kerajaan Inggris Raya adalah 244.088 km2. Bahasa negara yang digunakan adalah bahasa Inggris. Sebagian besar penduduk menganut agama Protestan dan Katolik.

Jumlah populasi Inggris mencapai 58.789.600 jiwa. Penduduk Inggris terdiri dari penduduk asli dan pendatang. Penduduk asli merupakan keturunan suku bangsa Celtic, Denmark, Anglo Saxon, Viking, dan Normandia. Adapun penduduk pendatang berasal dari Asia, Afrika, dan negara Eropa lainnya.

Terdapat 4 negara yang tergabung dalam Kerajaan Inggris Raya, yaitu :

1) Inggris dengan beribu kota di London,
2) Skotlandia dengan beribu kota di Edinburg,
3) Wales beribu kota di Cardiff,
4) Irlandia Utara beribu kota di Belfast.

Inggris merupakan salah satu negara industri kuat di dunia. Industri utama Inggris adalah batu bara, besi, baja, dan tekstil. Terdapat 2 kota yang menjadi pusat industri di Inggris, yaitu Birmingham dan Sheffield. Udara di daerah kawasan industri selalu hitam oleh asap pabrik. Daerah ini mendapat julukan The Black Country.

Inggris memiliki bentang alam yang bervariasi, mulai dari dataran rendah hingga pegunungan.

Rangkaian pegunungan membentang di Skotlandia, Wales, hingga Inggris bagian utara. Daerah pegunungan banyak terdapat di Skotlandia. Bahkan, sebagian besar wilayah negara ini berupa pegunungan. Puncak tertinggi di Skotlandia adalah Gunung Ben Navis. Di Wales terdapat Pegunungan Kambria yang membentang dari utara ke selatan. Puncak dari pegunungan ini adalah Gunung Snowdon. Daerah perbukitan banyak terdapat di Irlandia Utara.

Adapun wilayah utara Inggris berupa perbukitan dan pegunungan. Daratan Inggris juga dialiri sungai, seperti Sungai Thames dan Sungai Tynne. Sungai terbesar adalah Sungai Severn yang mengalir di Wales. Danau banyak terdapat di Skotlandia. Danau terbesar terdapat di Irlandia Utara, yaitu Lough Neagh.

Ciri khas yang dimiliki Kerajaan Inggris Raya yaitu:

1)   terdapat Kota Greenwich yang ditetapkan sebagai garis batas bujur 0o untuk penanggalan Sungai Thames. internasional yang disebut waktu Greenwich atau GMT (Greenwich Mean Time),
2)   terdapat Big Ben, yaitu jam terbesar di dunia,
3)   memiliki bekas negara jajahan di tiap benua,
4)   terkenal dengan armada laut terkuat di dunia.