Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup terdiri atas beberapa unsur yang saling terkait satu sama lain. Unsur-unsur dalam lingkungan hidup terdiri atas unsur abiotik, unsur biotik, dan unsur sosial budaya.

Agar lebih jelasnya mengenai ketiga jenis unsur tersebut, simaklah baik-baik uraian berikut:

a. Unsur abiotik

Unsur abiotik disebut juga unsur fisik. Unsur abiotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda tidak hidup, misalnya tanah, atmosfer, air, sinar matahari, dan lain-lain.

1)   Tanah, sebagai tempat tumbuh bagi tumbuhan, sebagai tempat tinggal manusia, dan hewan dengan segala aktivitasnya.
2)   Atmosfer, adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi terdiri dari kumpulan berbagai macam gas (nitrogen, oksigen, argon, dan karbon dioksida). Manusia dan hewan bernapas menghirup oksigen dan membuang karbon dioksida. Sedangkan tumbuhan menyerap karbon dioksida dan sinar matahari untuk fotosintesis dan membuang oksigen ke udara.
3)   Air, sebagai unsur yang diperlukan seluruh unsur kehidupan. Tanpa air, tidak akan ada kehidupan. Air juga sebagai habitat (tempat hidup) hewan dan tumbuhan air.
4)   Sinar matahari, merupakan energi primer yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan. Energi sinar matahari diterima dan diserap untuk energi dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan. Hasilnya berupa bahan makanan untuk tumbuhan sendiri maupun organisme lain. Tanpa sinar matahari, tidak akan ada kehidupan.

b. Unsur biotik

Unsur biotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan jasad renik). Keempat unsur ini saling berhubungan satu sama lain. Tumbuhan memperoleh unsur hara dari jasad renik. Tumbuhan dimakan hewan/manusia, hewan dan manusia masih diuraikan oleh jasad renik menjadi unsur hara. Proses seperti itu berlangsung terus-menerus menjadi siklus. Menurut fungsinya, komponen biotik dibedakan menjadi tiga kelompok utama sebagai berikut:

1)   Kelompok produsen adalah organisme yang membuat makanannya sendiri untuk keperluan dirinya maupun organisme lain. Kelompok ini terdiri dari tumbuhan yang berhijau daun.
2)   Kelompok konsumen adalah kelompok organisme yang menggunakan bahan makanan yang dibuat oleh produsen. Kelompok ini terdiri dari hewan dan manusia.
3)   Kelompok pengurai (decomposer) adalah organisme yang berperan menguraikan sisa-sisa atau makhluk hidup yang telah mati. Termasuk kelompok ini adalah bakteri dan jamur. Susunan hubungan dan interaksi antarkomponen, baik biotik dan abiotik dapat digambarkan dalam skema di bawah ini.

Komponen abiotik (iklim, tanah, batuan, bentang alam) Kelompok produsen Kelompok konsumen (tumbuhan) (hewan, manusia) Kelompok pengurai (bakteri, jamur, serangga)
c. Unsur sosial budaya

Unsur sosial budaya adalah lingkungan sosial dan budaya dibuat manusia yang meru-pakan sistem nilai, gagasan dan keyakinan lingkungan di sekitar contoh unsur sosial budaya berupa fasilitas fisik seperti: masjid, kantor, tempat rekreasi, pabrik dan lain-lain.