Pentingnya Sosialisasi Politik

Segi pentingnya sosialisasi, yaitu sebagai berikut:

1.   Sosialisasi itu tidak perlu dibatasi pada usia anak-anak dan remaja saja (walaupunperiode ini paling penting), tetapi sosialisasi berlangsung sepanjang hidup.

2.   Bahwa sosialisasi merupakan prakondisi yang diperlukan bagi aktivitas sosialdan baik secara eksplisit memberikan penjelasan mengenai tingkah laku sosial.

3.   Sosialisasi secara fundamental merupakan proses hasil belajar, di manapembelajaran tersebut diperoleh dari pengalaman/pola-pola aksi.

4.   Memberikan indikasi umum hasil belajar tingkah laku individu dan kelompok dalambatas-batas yang luas dan lebih khusus berkenaan pengetahuan atau informasi,motif-motif (nilai-nilai), dan sikap-sikap.

Selain itu, sosialisasi politik juga bertujuan untuk memelihara sistem politik dan pemerintahan yang resmi. Apa jadinya suatu negara atau bangsa jika warga negaranya tidak tahu warna bendera sendiri, lagu kebangsaan sendiri, bahasa sendiri, ataupun pemerintah yang tengah memerintahnya sendiri? Mereka tentunya akan menjadi warganegara tanpa identitas.