3 Hasil Produk Wajah Birokrasi Dari Suatu Penyelenggaraan Negara Indonesia

Wajah birokrasi dari suatu penyelenggaraan negara Indonesia akan tercermin pada hasil produk yang berupa berikut ini:

1.   Adanya standar pelayanan terhadap publik atau masyarakat dalam rangkamerasionalisasi birokrasi akan dapat terwujudnya dengan adanya batasan danhubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, dan kewenanganseluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik.

2.   Terdapat sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak dan sesuai denganasas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik dengan terpenuhinyapenyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan pengaturan dalam peraturanperundang-undangan dan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dalammemperoleh penyelenggaraan pelayanan publik berasaskan pada kepentingan umum

3.   Adanya kepastian hukum dalam kesamaan hak disamping keseimbangan hak dankewajiban meliputi keprofesionalan, partisipatif, persamaan perlakuan/tidakdiskriminatif, keterbukaan, akuntabilitas, penyedian fasilitas dan perlakuan khususbagi kelompok rentan, ketepatan waktu, kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan.

Sebagai penjamin kelancaran penyelenggaraan pelayanan publik danpenanggungjawab adalah pimpinan lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintahnonkementerian, lembaga komisi negara atau yang sejenis, lembaga lainnya, gubernurpada tingkat provinsi, bupati pada tingkat kabupaten, dan walikota pada tingkat kota.