Sirkum Pegunungan Lipatan Pegunungan Mediterania dan Pegunungan Pasifik

Suatu formasi lipatan yang kompleks dapat terjadi apabila adagabungan lipatan sinklinal dan antiklinal. Puncak lipatanbiasanya disebut antiklinorium, sedang cekungan lipatan biasadisebut sinklinorium. Bentuk-bentuk lipatan ada beberapamacam di antaranya adalah lipatan tegak, miring, menggantung,isoklinal, dan rebah.

Puncak lipatan dapat berbentuk memanjang, sehinggamembentuk suatu rangkaian pegunungan hingga ribuankilometer. Rangkaian pegunungan ini dinamakan sirkum.

Dipermukaan bumi, ada dua rangkaian Sirkum Pegunungan Lipatan, yakni Sirkum Pegunungan Mediterania dan Sirkum Pegunungan Pasifik.

a. Sirkum Pegunungan Mediterania

Sirkum Mediterania memanjang dari wilayah PegununganAtlas di Maroko Afrika Utara, ke Pegunungan Alpen di Swiss,Pegunungan Kaukasus di Asia Tengah, hingga PegununganHimalaya dan menurun di Teluk Benggala, India.Pegunungan ini naik dan muncul lagi di pegunungan sekitarAndaman, hingga ke beberapa pegunungan di wilayahIndonesia, yaitu pegunungan Bukit Barisan di Sumatra, Jawa,Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, dan berakhir di kepulauansekitar Laut Banda (Pulau Buru). Amatilah peta dunia,temukan daerah yang disebutkan di atas dan tariklah garisuntuk mendapatkan polanya.

b. Sirkum Pegunungan Pasifik

Sirkum Pasifik memanjang melintasi sepanjang wilayah diSamudra Pasifik mulai dari pegunungan di Selandia Baru,wilayah pegunungan di kepulauan sekitar Sulawesi, Papua,Halmahera, ke Pegunungan di Filipina, Jepang hingga kePegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Rocky di AmerikaSerikat, dan berakhir di Pegunungan Andes di Amerika Selatan.