Perilaku Manusia dalam Pemanfaatan Sumber Daya

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harusb erusaha dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, baikyang berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia.Sumber daya-sumber daya tersebut dapat berupa sawah, kebun,tenaga, uang, atau pikiran. Manusia harus memanfaatkan tenagadan pikirannya secara optimal untuk menghasilkan alat pemuaskebutuhan.

Sebagai makhluk individu dan makhluk ekonomi, manusia jugadituntut untuk mengubah dan menambah jumlah serta nilaiguna suatu barang.Dalam melakukan kegiatan ekonomi, manusia juga perlubekerja sama dengan manusia lain. Hal tersebut terkait dengankeberadaan manusia sebagai makhluk sosial. Hal inimenunjukkan bahwa manusia dalam usahanya memenuhikebutuhan tidak terlepas dari masyarakat sekitarnya.

Manusia sebagai bagian dari masyarakat dituntut menggunakanakal dan pikiran sehatnya dalam setiap tindakan dan usahanya.Perlu diingat bahwa perbedaan kemampuan yang dimiliki setiapmanusia menjadi faktor penyebab perbedaan perilaku manusiadalam melakukan kerja sama.

Adapun dasar manusiamelakukan kerja sama dengan manusia yang lain tergantungpada maksud dan tujuan yang ingin dicapainya.Dengan demikian, manusia dalam melakukan kegiatanekonomi atau dalam usahanya memenuhi kebutuhan harusdilakukan sesuai norma, saling menghormati, dan memahamikebutuhan manusia lain.