Pentingnya Alat Untuk Mengukur Cuaca

Ada beberapa cara sederhanayang cukup handal untukmeramal perubahan cuaca.Ketika matahari tenggelamdengan semburat warna merahterang, ini berarti cuaca akanmembaik. Sebab, umumnyasistem cuaca datang dari arahbarat. Langit berwarna merahkarena sinar matahari melintasimassa udara yang kering danberdebu di atas cakrawala barat.

Ini mengakibatkan cuaca akancerah. Sebaliknya, langit merahdi pagi hari terjadi ketika cahayamatahari dari arah timur menerpaawan. Artinya cuaca buruksedang mendekat dari arahbarat.

Perilaku satwa juga dapatmenjadi petunjuk perubahancuaca.Bila hujan akan turun, biasanyasapi duduk berbaring. Kawananburung terbang ke arahpedalaman daratan ketika akanmuncul badai di laut.Dari beberapa bentuk awan tersebut terkadang kita jumpaibentuk-bentuk awan yang bervariasi atau gabungan.

Contohnya awan culumunimbus, yaitu awan yang bergumpalgumpalgelap yang biasanya disertai dengan petir dan hujanyang lebat. Jenis awan ini sangat berbahaya bagi penerbangan.

Manusia hidup dan menyatu dengan alam. Karena itu,manusia perlu menyesuaikan diri dengan kondisi alamsekitarnya. Alam dan cuacanya memberikan manfaat yangsangat besar bagi kehidupan manusia. Namun, terkadang alamdan cuaca pun dapat mengganggu kehidupan manusia.Contohnya, bila terjadi badai besar yang disertai angin topan,dapat mengancam kehidupan manusia. Sebagai salah satu upayauntuk menyesuaikan diri dengan alam dan cuacanya, manusiaperlu mengetahui alam dan meciptakan alat-alat pengukurancuaca.

Perkembangan teknologi selalu berubah dengan cepat untukmenyesuaikan kehidupan umat manusia dalam menghadapitantangan zaman. Seiring perkembangan zaman pula, manusiatelah berhasil mengembangkan ilmu pengetahuannya sehinggamampu mengukur cuaca dengan berbagai alat yang telahditemukan. Alat-alat pengukur cuaca sangat membantumanusia dan memahami gejala dalam menyesuaikan diridengan lingkungannya.