Pengertian Globe, Macam-macam Jenis Globe, dan Fungsinya

Kata globe berasal dari bahasa Latin globus yang artinya bolaatau bulatan. Globe diciptakan oleh Anaximander pada abad ke-6 SM. Globe yang terkenal adalah globe Raja Louis XVII danglobe buatan Martin Behain pada tahun 1492.

Globe adalah tiruan bola bumi yang diperkecil dan menyerupaiaslinya. Tidak seperti peta biasa yang digambarkan pada suatubidang datar (biasanya kertas), globe digambarkan pada sebuahbola, sehingga bentuknya mirip bumi yang sesungguhnya.Simbol-simbol yang digunakan pada globe sama dengan simbol-simbolyang digunakan dalam peta.

Posisi globe dibuat semirip mungkin dengan bumi. Misalnya,posisi horizontal globe memiliki kemiringan 66,5° yang samadengan kemiringan bumi pada bidang ekliptika.Globe dapat menunjukkan kenampakan permukaan bumidengan baik. Biasanya globe digunakan untuk merencanakanrute pelayaran atau penerbangan. Dalam dunia peluncuransatelit, globe juga digunakan.

Beberapa hal tersebut dapatdilakukan secara mudah dengan bantuan globe, karenabentuknya yang mirip dengan keadaan bumi yangsesungguhnya. Hanya saja, globe tidak mungkin dapatmenggambarkan secara detail wilayah-wilayah yang kecil.

Fungsi dan manfaat globe sangat beragam, tergantung padapenggunaannya. Di bidang ilmu pengetahuan, globe memiliki manfaat sebagai berikut:

a.   Dapat digunakan untuk mengetahui proses gerhana, baikwaktu terjadinya maupun tempatnya.
b.   Mengetahui proses perubahan musim berdasarkanperubahan posisi semu matahari terhadap bumi.
c.   Mengetahui pembagian iklim bumi berdasarkan garislintangnya.
d.   Menghitung pembagian waktu di bumi berdasarkan garisbujurnya.
e.   Membandingkan luas daratan dengan luas lautan dipermukaan bumi.
f.    Sebagai media peraga bentuk bumi dan rotasinya.
g.   Menentukan jenis proyeksi untuk pemetaan tempattertentu.
h.   Mengetahui besarnya skala nominal tentang jarak, bentuk,dan luas di permukaan bumi.

Globe pertama kali dibuat oleh seorang sarjana Yunani Kunobernama Crates dari Mallus pada 150 SM. Saat itu, globe dibuatdalam rupa pahatan. Globe kuno itu disebut Farnese Atlas, kinitersimpan di Museum Naples, Italia.

Globe pertama yangmencoba mencitrakan seluruh dunia dibuat oleh Martin Behaimdi Nurnberg, Jerman, pada 1492. Globe inilah yangmemengaruhi Christopher Columbus (1459–1507), seorangpenjelajah Spanyol untuk berlayar ke barat menuju dunia Timur.

Pada abad ke-16 dan ke-17 gambaran globe semakin akurat danlengkap dengan ditemukannya dunia-dunia baru.Kondisi geografis permukaan bumi yang dicitrakan padapeta memengaruhi pola kehidupan dan keadaan sosial manusiayang hidup di atasnya. Misalnya dalam hal mata pencaharianuntuk memenuhi kebutuhan hidup dan pola permukiman

Globe terbesar di dunia diberinama Unisphere, dibuat tahun1964 saat penyelenggaraan NewYork World’s Fair (PameranDunia New York). Globe tersebutdibuat dari bahan logam stainlesssteel dan memiliki kelilingsepanjang 37 m dan berat408.000 kg. Namun, globeterbesar yang dapat diputaradalah Globe of Peace, yang adadi Pesaro, Italia. Globe of Peacememiliki ukuran keliling 10 m danberat 33.500 kg.