Pengertian Atlas dan Macam-Macam Jenis Atlas

Atlas merupakan kumpulan peta yang dibukukan. Kumpulanpeta tersebut dapat mencakup seluruh peta dunia, maupun
sebagiannya saja. Biasanya, di dalamnya termuat indeks nama-namatempat, populasi, sumber daya alam, perindustrian, daninformasi nyata lainnya.

Berdasarkan jenisnya atlas dibagi menjadi tiga, sebagai berikut:

a. Atlas Umum

Atlas umum adalah atlas yang memberikan informasi secaraumum tentang kenampakan geografi di permukaan bumi.Jenis atlas umum antara lain sebagai berikut:

1)   Atlas nasional, yaitu atlas yang berisi satu negara lengkapdengan kenampakan fisik dan sosialnya.
2)   Atlas regional, yaitu atlas yang memuat tentang negara-negarayang berada dalam satu kawasan. Atlas inimenyajikan negara-negara yang saling berdekatan, sertasecara historis atau sosial ekonomi memiliki beberapakesamaan. Contohnya Atlas Eropa, Atlas Asia, Atlas Afrika.
3)   Altas dunia, yaitu atlas yang memuat negara-negara diseluruh dunia secara lengkap dari semua benua.Contohnya Atlas Dunia.

b. Atlas Khusus

Atlas khusus adalah atlas yang hanya memuat satu jenisinformasi saja sesuai dengan judulnya. Contoh atlas ini antara lain sebagai berikut:

1) Atlas penduduk, yaitu atlas yang memaparkanpersebaran penduduk.
2) Atlas geologi, yaitu atlas yang memaparkan keadaangeologi atau batuan.

c. Atlas Semesta

Atlas semesta adalah atlas yang memaparkan keadaansemesta alam yang antara lain berhubungan dengan galaksi,tata surya, perbintangan, dan peredaran benda-benda angkasa.

Kata Atlas diambil dari namaseorang dewa bangsa Yunanikuno. Dalam legenda Yunani, Atlasdiyakini sebagai dewa yangmemiliki tugas memikul Bumi dipundaknya.Salah satu atlas yang palingawal, dibuat oleh seorangsarjana Aleksandria yangbernama Ptolomeus pada sekitartahun 50 SM. Atlas buatanPtolomeus tersebut kemudianditemukan ahli arkeologi Eropadan dicetak ulang pada abad ke-15.

Atlas modern pertama,Theatrum Orbis Terrarum(Panggung Dunia), dipublikasikantahun 1570 oleh seorangkartograf asal Flanders bernamaAbraham Ortelius.

Suatu atlas juga dapat berisi informasi khusus tertentu sepertiiklim, pertanian, wabah, atau bahasa. Istilah atlas petama kalidigunakan oleh Gerardus Mercator untuk menamai koleksi petamiliknya –Atlas Sive Cosmographicae (Atlas dan Deskripsi Dunia,antara tahun 1585-1595).

Atlas menggambarkan lokasi tertentu secara lebih jelas dan luas,karena atlas memuat beberapa peta dengan tema sejenis.Biasanya, atlas digunakan untuk beberapa keperluan sebagai berikut:

a. Menunjukkan lokasi suatu tempat dalam pemetaan suatuwilayah.
b. Menginformasikan luas, letak, dan posisi suatu lokasi.
c. Menunjukkan relief-relief kenampakan bumi di suatu wilayah.

Di dalam atlas, biasanya ada beberapa kelengkapan yang dapatmembantu kita menemukan informasi yang dibutuhkan.Adapun beberapa kelengkapan tersebut antara lain sebagai berikut:

a. Judul Atlas

Judul atlas memuat informasi tentang kandungan informasiumum yang ada di dalam peta. Contohnya Atlas Indonesia,berarti kumpulan lembaran peta wilayah-wilayah yang ada diIndonesia, Atlas Malaysia berarti kumpulan lembaran petawilayah-wilayah yang ada di Malaysia, Atlas Dunia berartikumpulan lembaran peta wilayah-wilayah yang ada di dunia.

b. Daftar Isi

Daftar isi memuat bagian-bagian yang ada dalam atlas secaraberurutan. Daftar isi dapat mempermudah pengguna atlasuntuk langsung mencari lembaran peta yang dibutuhkan.

c. Legenda

Legenda adalah keterangan beberapa simbol yang digunakandalam peta.

d. Indeks

Indeks membantu pengguna peta untuk mencari letak kota,pulau, gunung, sungai, dan unsur-unsur geografi yangdimuat di dalam atlas.Contohnya Bantul, Jogja, B2 22 berarti bahwa Kota Bantulada di halaman 22, kolom B baris ke-2.