Nama Alat Pengukur Angin

Angin diukur berdasarkan kecepatan dan arahnya. Alatpengukur angin dinamakan anemometer. Anemometermerupakan suatu alat yang terdiri atas beberapa mangkok yangdisusun seperti baling-baling.

Setiap mangkok ditopang olehpenampang yang berhubungan dengan pencatat kecepatanmekanis. Kecepatan tersebut kemudian dinyatakan dalam skala.Bila tertiup angin, baling-baling anemometer akan bergeraksesuai arah angin. Setelah bergerak, alat penghitung padaanemometer akan bekerja dan menghitung kecepatan angin.Hasilnya kemudian dicatat dan dicocokkan dengan skalaBeaufort.

Alat penakar hujan dinamakan fluviometer. Alat ini berupacorong penampung air hujan yang diletakkan di tempat yangrata dan terbuka, untuk memungkinkannya menampung airhujan.

Tabung penakar pada fluviometer memiliki gelas penakarhujan dengan skala hingga 25 mm. Mulut penakar fluviometermemiliki luas 100 cm persegi dan dipasang dengan ketinggian120 cm di atas tanah.

Corong harus dipasang secara mendatar.Curah hujan diukur dengan membagi volume air hujan yangtertampung dengan 100. Satuan yang digunakan adalah ml.