Manfaat Atmosfer dan Hidrosfer

Kumpulan awan adalah bagian dari atmosfer bumi. Awan yang berkumpulmakin memampat dan suhunya makin turun akan mengakibatkan hujan turun.Air yang jatuh ke permukaan bumi sebagian meresap ke dalam tanah, sebagian lagi mengalir diatas permukaan bumi, berkumpul dalam sungai, dan menuju laut. Adapun air yang meresap kedalam tanah menjadi air tanah yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dan manusia. Atmosferdan hidrosfer memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam menunjang kehidupan di bumi.

Bumi yang kita tinggali ini tidak hanya terdiri atas lapisan-lapisanyang membentuk permukaan bumi, namun jugadiselubungi oleh lapisan-lapisan gas. Lapisan-lapisan gas tersebutdinamakan atmosfer. Atmosfer merupakan gabungan dariberbagai gas berlapis-lapis dan tidak berwarna.Keberadaan atmosfer bumi sangat penting bagi kehidupan.Bayangkan apabila udara yang kita hirup dan kita butuhkansetiap saat berkurang, tercemar, atau bahkan tidak ada samasekali. Tentu kehidupan manusia akan terganggu, begitu jugamakhluk hidup yang lain.

Atmosfer tidak hanya penting untuk pernapasan makhlukhidup, tetapi juga sangat penting untuk sarana transportasiudara, komunikasi, memengaruhi keadaan cuaca dan iklim, sertamenjadi pelindung bumi dari benda-benda luar angkasa.

Secara fisik atmosfer dapat dirasakan dan dapat diperkirakankeberadaannya. Ketika kamu berdiri di pantai atau dilapangan terbuka, akan terasa sekali terpaan angin yangmerupakan bagian dari atmosfer.Unsur gas utama pembentuk atmosfer terdiri atas oksigendan nitrogen. Secara umum, ada tiga jenis gas yang membentuk atmosfer, yaitu sebagai berikut:

1.   Udara kering, yakni gas tanpa air dan aerosol yang mencakup96% dari volume atmosfer. Udara kering ini ada dua macam,yaitu gas utama dan gas penyerta.
2.   Uap air yang kandungannya dalam atmosfer berbeda disetiap wilayah bumi.
3.   Aerosol, yakni partikel halus dari bahan padat di bumi yangmemiliki massa ringan, sehingga dapat tertiup naik ke lapisanatmosfer. Bahan-bahan tersebut antara lain debu, garam, abu,asap, dan mikroorganisme.

Atmosfer memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupandi bumi. Beberapa manfaat atmosfer adalah sebagai berikut:

1.   Menjaga temperatur bumi. Tanpa atmosfer, temperatur bumipada siang dan malam dapat berbeda drastis. Temperatursiang akan tinggi sekali dan temperatur malam akan rendahsekali. Atmosfer menjaga agar temperatur antara siang danmalam hari tidak terlalu jauh berbeda.
2.   Menyaring sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet.Radiasi ultraviolet sangat berbahaya bagi makhluk hidup dibumi.
3.   Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh kebumi karena tarikan gaya gravitasi.
4.   Sebagai sumber gas dan uap pembuat hujan.
5.   Sebagai pemantul gelombang radio yang digunakan dalamproses telekomunikasi.
6.   Untuk bernapas bagi makhluk hidup.

Atmosfer berasal dari dua katadalam bahasa Yunani, yaknikata atmos yang berarti uapatau gas, dan sphaira yangartinya lapisan. Maka, atmosferdapat diartikan sebagai lapisanberbagai gas yangmenyelubungi bumi.