Macam-macam Jenis Peta

Menurut bentuknya, peta dapat dibedakan menjadi tiga,yaitu peta datar, peta timbul, dan peta digital.

1)   Peta datar, disebut peta biasa atau peta planimetri, dibuatpada bidang datar seperti kertas atau papan. Bentukpermukaan bumi pada peta datar dapat dilihat dariperbedaan warnanya.

2)   Peta timbul atau peta relief atau peta stereometri,merupakan peta yang dibuat berdasarkan bentukpermukaan bumi yang sebenarnya. Peta relief merupakanmodel pencitraan tiga dimensi suatu wilayah. Peta jenisini biasanya dibuat dengan mengukirkan lempung ataulapisan campuran semen. Untuk menekankan relief, skalavertikal pada peta relief biasanya digambarkan lebih jelasdari skala horizontal. Peta jenis ini dapat dibuat dengancara dicetak. Peta relief banyak digunakan dalam duniamiliter dan perencanaan pembangunan wilayah.

3)   Peta digital, yaitu peta yang dibuat dengan perangkatdigital seperti komputer. Peta ini dibuat berdasarkan data-datayang telah dimiliki, kemudian diolah dengankomputer menggunakan program khusus untukmendapatkan tampilan sebenarnya. Peta digital dapatdisimpan dalam bentuk file maupun dicetak pada kertas.