Macam-Macam Jenis Peta Berdasarkan Ukuran Skalanya

Skala pada peta adalah perbandingan antara jarak pada petadengan jarak sesungguhnya dari wilayah yang digambarkandalam peta. Ada beberapa cara untuk menunjukkanperbandingan antara jarak pada peta dengan jaraksesungguhnya tersebut.

Skala sangat berguna untukmenghitung jarak antara dua lokasi di dalam peta, sehinggamemungkinkan kita untuk dapat langsung mengukur jarakdengan hanya melihat pada peta tanpa harus mendatangilangsung lokasi dan mengukurnya.

Berdasarkan ukuran skalanya peta dibedakan menjadi lima,yaitu sebagai berikut:

a.   Peta skala kadaster atau peta teknik dengan skala 1 : 100sampai 1 : 5000. Peta ini biasa digunakan untuk pengukurantanah.

b.   Peta berskala besar, yaitu peta berskala 1 : 5000 sampai 1 :250.000. Peta ini umumnya digunakan untuk menggambarkanwilayah yang relatif sempit, misalnya desa ataukecamatan.

c.   Peta berskala sedang, yaitu peta berskala 1 : 250.000 sampai1 : 500.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkanwilayah yang agak luas seperti pemetaan kabupaten atau kota.

d.   Peta berskala kecil, yaitu peta berskala 1 : 500.000 sampaidengan 1 : 1.000.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkandaerah yang luas seperti provinsi.

e.   Peta geografi berskala lebih dari 1 : 1.000.000. Biasa digunakan untuk menggambarkan wilayah negara, regional, benua, atau dunia.

Selain berdasarkan ukurannya, jenis skala yang lazim ditemuialam kartografi adalah berdasarkan bentuknya. Bentuk-bentuk skala dibedakan sebagai berikut:

a. Skala Verbal

Skala verbal adalah skala yang menunjukkan perbandinganjarak pada peta dalam suatu kalimat langsung yang tegas.Contohnya, pada sebuah peta dituliskan Skala 1 cm untuk 1km. Ini berarti bahwa setiap jarak 1 cm dalam peta setaradengan jarak 1 km pada jarak sesungguhnya. Contohlainnya 1 inci = 1 mil, artinya 1 inci di peta mewakili 1 mil dilapangan. Jadi, skalanya adalah 1 : 63.360 (1 mil = 63.360 inci).

b. Skala Angka

Skala angka menunjukkan perbandingan jarak pada petadalam perhitungan angka. Skala ini paling lazim ditemuidalam kompilasi peta. Contohnya, pada sebuah petadituliskan Skala 1 : 1.000.000. Ini berarti bahwa setiap jarak1 satuan jarak dalam peta setara dengan jarak 1.000.000satuan yang sama pada jarak sesungguhnya. Misalkan satuanyang digunakan adalah cm, maka 1 : 1.000.000 berarti setiapjarak 1 cm di peta mewakili jarak 1.000.000 cm atau 10.000meter atau 10 km pada wilayah sesungguhnya.

Skala jenis ini dengan satuan centimeter telah dijadikansebagai sistem skala peta resmi internasional. Namun, adapula beberapa negara yang menggunakan satuan inciberbanding satuan mil. Beberapa negara tersebut antara lain,Inggris dan negara-negara persemakmuran Inggris.

c. Skala Batang atau Skala Grafis

Skala batang menggunakan batang garis lurus yang memilikibeberapa ruas dengan jarak yang sama di antara ruas-ruastersebut, seperti halnya garis bilangan. Skala tersebut dapat pulaberbentuk grafis (gambar) yang menunjukkan jarak antarbagian.