Kegunaan / Manfaat Peta

Peta memiliki beberapa kegunaan dan manfaat. Para penerbangmenggunakan peta jalur penerbangan untuk memanduperjalanan pesawat. Para pelaut menggunakan peta hidrografiuntuk menentukan posisi dan arah perjalanan kapal. Dalampeperangan, peta digunakan untuk menentukan posisi musuh,merencanakan pertahanan, penyerangan, dan gerakan pasukan.

Sementara di lingkungan pendidikan, peta bermanfaat sebagaialat peraga, media pembelajaran, catatan visual permanen, alatkomunikasi, dan alat analisis. Dengan menggunakan peta dandata-data statistik, kita dapat dengan mudah dan cepatmemperoleh data tentang informasi geografis yang berkaitandengan suatu negara atau membandingkan luas suatu negaradengan negara lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan peta untukmenunjukkan suatu tempat yang belum pernah kita datangi
dengan bantuan petunjuk dari orang lain yang pernahmendatanginya. Dengan bekal peta dan sedikit petunjuk, kitadapat dengan mudah dan cepat menemukan tempat-tempatyang kita cari.

Selain itu, masih banyak kegunaan dan manfaat peta lainnya.Sejak awal penemuannya, peta terus berkembang baik jenis dankegunaannya. Jenis-jenis dan kegunaan peta yang ada saat inimasih dapat berubah di masa depan.