Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Setiap hari kita melakukan tindakan-tindakan gunamencapai tujuan-tujuan yang kita inginkan. Apakah setiaptindakan yang kita lakukan untuk mencapai tujuan itu dapatdikatakan sebagai tindakan sosial? Tidak semua tindakanyang kita lakukan merupakan tindakan sosial. Lalu, tindakanyang bagaimanakah yang merupakan tindakan sosial?

Perhatikan ilustrasi berikut ini :

Seorang anak yang sedang berjalan menyusuri sungai isengmelempar batu kerikil ke sungai. Ketika melihat temannyasedang bermain di pinggir sungai, ia kembali melempar batukerikil ke sungai. Maksudnya agar cipratan airnya mengenaitemannya yang sedang bermain di pinggir sungai. Karenaterkena cipratan air, anak yang sedang bermain di pinggirsungai terkejut dan berusaha mencari siapa yang melakukannya.Ternyata temannya sendiri yang melakukannya.

Akhirnya, mereka berdua larut dalam canda.Dari ilustrasi tersebut, mungkin kamu sudah dapatmembedakan, mana yang termasuk tindakan sosial.Tindakan anak melempar kerikil yang pertama tidak bisadisebut tindakan sosial, tetapi lemparan kerikil yang keduabisa disebut sebagai tindakan sosial yang mengakibatkanantara kedua anak tersebut terjadi interaksi sosial.

Menurut Max Weber, tindakan sosial merupakan tindakanindividu sepanjang tindakan itu mempunyai makna bagidirinya sendiri dan diarahkan untuk mendapatkantanggapan orang lain. Sebaliknya, tindakan individu yangdiarahkan kepada benda mati dan tidak ada kaitannyadengan orang lain, bukan merupakan tindakan sosial.