Jenis-Jenis Pola Interaksi Sosial

Pola-pola dalam interaksi sosial dapat terjadi antarindividu,antarkelompok, serta antarindividu dengan kelompok.

1) Interaksi sosial antarindividu

Apabila dua orang bertemu, walaupun kedua orangtersebut tidak saling berbicara, sebenarnya interaksi sosialtelah terjadi karena di antara mereka sadar akan adanyapihak lain yang menyebabkan perubahan-perubahandalam perasaan maupun syaraf kedua orang tersebut,yang disebabkan oleh misalnya, bau keringat, parfum,dan cara berjalan. Kesemuanya menimbulkan kesandalam pikiran seseorang sehingga menentukan tindakanyang akan dilakukannya.

2) Interaksi sosial antarkelompok sosial

Interaksi sosial antara satu kelompok dengan kelompoklainnya terjadi sebagai suatu kesatuan dan bukanmenyangkut pribadi-pribadi sebagai anggota darikelompok yang bersangkutan. Misalnya, pertemuanantara perwakilan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) danperwakilan Republik Indonesia dalam perjanjian antaraGAM dan RI di Jenewa, Swiss. Perjanjian tersebutmerupakan interaksi antara GAM dan RI. Contoh lain,pertandingan antartim kesebelasan sepak bola. Parapemain bertanding untuk kepentingan tim kesebelasannya(kelompok).

3) Interaksi sosial antara individu dengan kelompok sosial

Interaksi sosial antara individu dengan kelompokberbeda-beda sesuai dengan keadaan setiap hubunganitu. Misalnya, interaksi antara seorang guru dan siswasiswanyadi kelas. Guru yang menghadapi siswa-siswa dikelas pada awalnya akan berusaha menguasai parasiswanya agar interaksi sosial bisa berlangsung danseimbang. Contoh lain, interaksi antara seorang wasitsepak bola dan para pemain sepak bola yang bertanding.Wasit tersebut akan menghadapi para pemain sesuai tatacara atau peraturan permainan yang berlaku.