Arti Dari Komunikasi

Komunikasi adalah situasi di mana seseorang memberikantafsiran pada perilaku orang lain (yang berwujudpembicaraan, gerak-gerik badaniah, atau sikap) danperasaan-perasaan yang ingin disampaikan oleh orangtersebut. Orang yang diajak berkomunikasi kemudianmemberikan reaksi terhadap perasaan yang ingindisampaikan oleh orang yang mengajak komunikasi.

Jika seorang gadis menerima seikat bunga, ia akanmemandang dan mencium bunga tersebut. Akan tetapi,perhatian utamanya tentu pada siapa dan alasan orangyang mengirimkan bunga tersebut. Apakah bungatersebut dikirim untuk mendamaikan perselisihan,ucapan ulang tahun, atau ucapan terima kasih? Jika sigadis tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut, berartibelum terjadi komunikasi. Jika telah terjawab dan terjadikomunikasi, sikap-sikap dan perasaan suatu kelompokatau orang yang mengirimkan bunga dapat diketahui.

Hal-hal tersebut menjadi bahan-bahan untuk menentukanreaksi apa yang perlu dilakukan.Suatu kontak sosial dapat terjadi tanpa komunikasi.Misalnya pertemuan dua orang yang tidak mengertibahasa lawan bicaranya. Mereka dapat bersalamansehingga terjadi kontak, tetapi tidak dapat berkomunikasisehingga tidak terjadi interaksi sosial.Satelit komunikasi digunakanuntuk komunikasi jarak jauh danpengiriman data antara stasiundi bumi yang terhubungkandengan jaringan telekomunikasi.Satelit komunikasi memungkinkanpenduduk di wilayah terpencildapat mengakses jaringankomunikasi global, sehinggaterjadi kontak sosial.

Dalam komunikasi muncul kemungkinan terjadinyaberbagai macam penafsiran terhadap tingkah laku oranglain. Suatu senyum misalnya, bisa diartikan suatukeramahan, sikap bersahabat, atau bahkan sikap sinis dansikap ingin menunjukkan kemenangan. Dengandemikian, suatu komunikasi memungkinkan terjadinyakerja sama antara perorangan dan kelompok manusia,karena komunikasi merupakan salah satu syaratterjadinya kerja sama. Akan tetapi, tidak selalukomunikasi menghasilkan kerja sama, bahkan suatupertikaian mungkin akan terjadi sebagai akibat salahpaham atau apabila semua pihak tidak mau mengalah.