5 Lapisan Utama Atmosfer

Wawasan Sosial Atmosfer terdiri atas gas-gas yang sifatnya mudah memampatdan mengembang. Atmosfer dapat terus berada di seputar bumikarena tarikan gravitasi bumi.

Ketinggian lapisan atmosfersenantiasa berubah-ubah seiring perubahan waktu dan musim.Di bawah ini adalah komposisi unsur gas-gas pada lapisanatmosfer.

Menurut perubahan suhu dan ketinggiannya, atmosfer dapatdikelompokkan menjadi empat lapisan utama, yakni troposfer,stratosfer, mesosfer, dan termosfer.

1. Lapisan Troposfer

Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling rendah.Lapisan ini bersentuhan dengan permukaan bumi. Kandunganmassa udara terbesar berada pada lapisan troposfer.Ketinggian lapisan troposfer berbeda di setiap daerah. Di wilayahkutub, ketinggiannya mencapai 8 km, di daerah sedangmencapai 11 km, dan di daerah khatulistiwa dapat mencapai16 km. Secara umum, ketebalan lapisan ini adalah 15 km. Makintinggi lapisan troposfer di suatu wilayah, maka akan makinrendah temperaturnya. Setiap ketinggian naik 100 m,temperatur akan makin turun atau rendah hingga antara 0,5°–0,6° celcius. Maka temperatur atau suhu di pegunungan lebihrendah dibandingkan di daerah pantai.

Bagian tertinggi dariKESEIMBANGAN YANGGENTINGAtmosfer berada dalam kondisikeseimbangan dinamis yangsangat rawan. Aktivitas manusiatelah mengalihkan sejumlahbesar karbon yang semulatersimpan di dalam batuan kedalam atmosfer. Proses inimenyebabkan iklim duniamenghangat. Sementara itu,akibat aktivitas manusia, lapisanozon juga menipis dengan cepat.Ini membuka jalan bagi radiasimatahari yang berbahaya untukmencapai permukaan bumi. Jikakita terus menerus mengganggukeseimbangan atmosfer, makaplanet bumi tempat kita hidupsekarang mungkin tidak akannyaman lagi untuk didiami di masayang akan datang.

Lapisan troposfer disebut tropopause. Pada tropopause, suhu tidakakan mengalami penurunan.Segala proses cuaca semacam angin, penguapan, hujan, awandan petir terjadi pada lapisan troposfer. Lapisan troposfermerupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang mengandunguap air.

2. Lapisan Stratosfer

Ketinggian lapisan stratosfer berkisar antara 15–50 km. LapisanStratosfer bawah yang disebut isothermia berketinggian antara11–20 km. Pada lapisan isothermia ini, terkandung bulir-bulirsulfat yang memiliki kegunaan sebagai pembentuk hujan.

Lapisan stratosfer tengah yang disebut daerah inversi memilikiketinggian antara 21–35 km. Pada daerah inversi. Suhu akanmakin tinggi seiring meningkatnya ketinggian. LapisanStratosfer paling atas atau stratopause berketinggian antara 36–50 km. Lapisan stratosfer paling atas merupakan daerah inversiyang kuat.

Pada lapisan stratosfer paling atas, terdapat kandungan ozon(O3) yang berfungsi menyerap sebagian besar radiasi ultravioletdari matahari sehingga mampu menjaga makhluk hidup yangada di bumi. Pada lapisan ini gejala-gejala cuaca sudah tidakdijumpai lagi, sehingga keadaan udara relatif tenang.

3. Lapisan Mesosfer

Mesosfer merupakan lapisan dengan ketinggian antara 50-80km. Pada lapisan ini, makin bertambah ketinggian maka suhuakan makin turun. Pada ketinggian sekitar 50 km, suhu berkisar5°C, sedangkan pada lapisan puncaknya yang disebutmesopause, suhu berkisar –95°C. Gas pada lapisan ini tidak terlalupadat. Pada lapisan ini, tidak ada sirkulasi udara.Lapisan ini berfungsi menyaring benda-benda angkasa (meteor)yang akan jatuh ke bumi karena tarikan gravitasi.

4. Lapisan Termosfer atau Ionosfer

Lapisan termosfer merupakan lapisan atmosfer yang palingtinggi. Ketinggiannya berkisar > 80 km. Pada lapisan ini,terdapat molekul-molekul oksigen dan nitrogen. Makin tinggilapisan termosfer, maka temperaturnya akan makin tinggi pula.

Pada kisaran tinggi 480 km, temperatur dapat mencapai 1,23°C.Sementara, pada kisaran tinggi 120 km, suhunya mencapai-38°C, dan pada lapisan paling bawah, suhu berkisar antara -95°C.

Termosfer adalah zona terakhir atmosfer sebelum menyentuhangkasa hampa. Di dalamnya terdapat lapisan eksosfer, di manamolekul-molekul gas bumi terlepas ke ruang angkasa. Gejalaaurora tercipta di lapisan terbawah termosfer dari kedua kutub.Pada lapisan termosfer, terjadi proses ionisasi. Ionisasi merupakanproses di mana elektron pada partikel-partikel yang ada padatermosfer bertambah atau berkurang. Oleh sebab itu, lapisanini disebut pula sebagai lapisan ionosfer. Karena peristiwa ionisasitersebut, lapisan termosfer bermuatan listrik.

Partikel ion yang terbentuk pada lapisan ini berfungsi sebagaipemantul gelombang radio, sehingga sangat membantu dalambidang komunikasi. Lapisan pemantul gelombang radio disebutlapisan Kennelly Heaviside dan lapisan Apleton.

5. Lapisan Eksosfer atau Dissipasifer

Selain empat lapisan atmosfer yang telah diketahui, sebenarnyamasih ada suatu lapisan yang menempati bagian teratas padaatmosfer. Lapisan tersebut disebut lapisan eksosfer.Lapisan eksosfer berada pada ketinggian rata-rata lebih dari 480km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini gerakan atom-atomnyasudah tidak beraturan, molekul-molekul udarabergerak bebas, sehingga kondisi udaranya sangat renggang.Lapisan ini sering disebut juga ruang antarplanet ataugeostasioner. Pada lapisan ini hanya terdapat sedikit gas. Hidrogenmerupakan unsur penyusun paling utama.