Rangkuman Materi Pelajaran Sosiologi Tentang Penelitian Sosial

Kegiatan penelitian sosial sering dilakukan dalam rangka mencapai beberapa tujuan, seperti untuk mencari pemecahan-pemecahan dari problem sosial yang berkembang dan sekaligus sebagai langkah pengembangan di lapangan ilmu pengetahuan Sosial.

Cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh ilmu pengetahuan, akan tetapi secara garis besar dibedakan dalam dua cara, yakni: (1) pencarian ilmu pengetahuan dengan menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat sistematis yang kemudian dikenal dengan istilah pendekatan ilmiah, dan (2) pencarian ilmu pengetahuan dengan tanpa menggunakan langkah-langkah yang bersifat sistematis yang kemudian dikenal dengan istilah pendekatan nonilmiah.

Berdasarkan berbagai pengertian, penelitian diartikan sebagai suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan dengan menggunakan prosedur atau metode tertentu secara sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara obyektif dalam rangka memecahkan masalah atau mendapatkan penemuan-penemuan. Penelitian bersifat berkesinambungan, dalam arti, suatu kegiatan penelitian dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan penelitian berikutnya untuk memperoleh kebenaran baru yang lebih sempurna.

Selain itu penelitian memiliki dua tujuan, yaitu tujuan ilmiah dan tujuan praktis. Beberapa jenis penelitian antara lain:

1. Berdasarkan disiplin ilmu yang dikaji:

a. Natural science research,
b. Sosial science research,
c. Humanities research,

2. Berdasarkan tempat berlangsungnya kegiatan penelitian:

a. Field Research,
b. Library research,
c. Laboratory research,

3. Berdasarkan kegunaan dan tujuannya:

a. Basic research atau pure research,
b. Applied research,

4. Berdasarkan hakekat penelitian itu sendiri:

a. Fact finding research,
b. Critical interpretation research,
c. Complete research,

5. Berdasarkan metode yang digunakan:

a. Deductive research atau sering disebut juga dengan istilah logic research,
b. Inductive research atau technical research,
Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap sebagai berikut:

1. Tahap persiapan

Dengan tahapan sebagai berikut: (a) memilih tema/topik penelitian, (b) melaksanakan studi pendahuluan, (c) merumuskan masalah penelitian, (d) membuat hipotesis, (e) menentukan metode dan pendekatan penelitian, (f) menentukan variabel dan sumber data, dan (g) membuat instrumen penelitian.

2. Tahap pelaksanaan

Dengan tahapan sebagai berikut: (a) mengumpulkan data, (b) analisis data, dan (c) membuat kesimpulan.

3. Tahap penulisan laporan

Setiap penelitian tentu saja memiliki tema yang diteliti, seorang peneliti dapat memilih tema dari berbagai sumber, yaitu: (1) fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan seharihari, (2) kajian-kajian kepustakaan, dan (3) informasi yang diberikan oleh pihak lain.