Pengertian IPTEK dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dengan adanya masyarakat modern yang salah satu cirinya adalah gemar membaca, gemar menulis, dan gemar mengadakan kegiatan keilmuan, maka muncullah para ilmuwan yang kreatif. Kreativitas para ilmuwan tersebut ditandai dengan adanya penemuan-penemuan baru dan sekaligus pengembangan-pengembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Apakah yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut?
Ilmu pengetahuan merupakan seperangkat pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, hal mana pengetahuan tersebut selalu dapat dikaji secara kritis oleh setiap orang yang ingin mengetahuinya.

Sedangkan teknologi merupakan suatu bentuk aplikasi dari prinsip-prinsip ilmu pengetahuan untuk diterapkan secara praktis dalam rangka membantu kehidupan manusia. Untuk dapat mengembangkan teknologi yang canggih dan tepat bagi kegiatan pembangunan, perlu dilakukan pendalaman terhadap berbagai disiplin ilmu pengetahuan secara terpadu.

Usaha pengembangan teknologi tersebut perlu didorong oleh peneliti-peneliti yang memiliki keahlian yang handal, berdedikasi, kreatif dan inovatif, serta didukung oleh tenaga teknis yang terampil dan tenaga pengelola yang profesional. Selain itu, pengembangan teknologi harus dirancang secara serius sehingga berdaya guna dan berhasil guna dalam kehidupan masyarakat.

Adapun beberapa rancangan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di antara meliputi pengembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dasar, teknologi, dan teknologi produksi.

Pengembangan ilmu pengetahuan dasar sangat diperlukan untuk memberikan landasan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan (natural science) alam maupun ilmu pengetahuan sosial (Social science).

Pengembangan ilmu pengetahuan dasar yang dimaksud diarahkan untuk mendukung peningkatan mutu dan kemampuan sumber daya manusia dalam penguasaan disiplin ilmu. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk dapat mengembangkan teknologi diperlukan penguasaan yang handal terhadap konsep-konsep ilmu pengetahuan dasar secara baik.

Pengembangan teknologi merupakan suatu upaya yang dilaksanakan untuk merekayasa teknologi berdasarkan ilmu pengetahuan dasar yang dikuasai. Dalam pengembangan teknologi diupayakan untuk mengintegrasikan dan sekaligus menciptakan teknologi-teknologi baru yang diperlukan untuk merancang bangun dan merekayasa teknologi produksi dalam rangka membantu penyediaan barang-barang kebutuhan manusia. Dengan demikian, pengembangan teknologi memiliki hubungan yang sangat erat dengan program pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sedangkan pengembangan teknologi produksi merupakan suatu pengembangan teknologi yang mendukung kegiatan produksi, baik barang maupun jasa. Di dalam pengembangan teknologi produksi terdapat upaya-upaya peningkatan keterampilan dalam memproduksi barang dan jasa, peningkatan keahlian dalam organisasi dan manajemen, serta peningkatan etos dan sekaligus prestasi kerja.

Arah dari pengembangan teknologi produksi adalah untuk mempercepat penguasaan proses produksi dan meningkatkan produktivitas, kemampuan, serta keterampilan sumber daya manusia dalam mendayagunakan teknologi dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas barang dan jasa. Keadaan seperti itu diharapkan dapat memacu proses industrialisasi, meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan produksi, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.