Pengertian / Definisi Penelitian Menurut Pendapat Para Ahli

Sebagaimana telah dipaparkan bahwa untuk mendapatkan kebenaran dapat dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. Metode ilmiah tersebut dapat diperoleh dengan melakukan kegiatan penelitian.

Secara leksikal, istilah penelitian berasal dari bahasa Inggris research, re berarti kembali,sedangkan to search berarti mencari. Dengan arti kata research adalah pencarian kembali.

Adapun pengertian dari penelitian dapat diperhatian pada pendapat beberapa ahli sebagai berikut:

1.   Menurut Webster’s World Dictionary, penelitian merupakan penyelidikan (penelitian) terhadap suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta dan prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, dan sistematis.

2.   Menurut Carter Good, penelitian merupakan suatu jalan ke arah kemajuan dan pemecahan suatu persoalan (research is a way progress and a problem solving).

3.   Menurut Sanapiah Faisal penelitian merupakan suatu aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara terancang dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang teruji kebenarannya, baik yang berhubungan dengan fenomena alam maupun yang berhubungan dengan fenomena sosial.

4.   Menurut Soerjono Soekanto penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilandaskan pada analisis dan konstruksi yang dilaksanakan secara metodologis, sistematis, dan konsisten, yang bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi dari hasrat manusia untuk mengetahui segala sesuatu yang sedang dihadapi.

Berdasarkan atas pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian merupakan suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan dengan menggunakan prosedur atau metode tertentu secara sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara obyektif dalam rangka memecahkan masalah atau mendapatkan penemuan-penemuan.

Penelitian juga bersifat berkesinambungan, dalam arti, suatu kegiatan penelitian dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan penelitian berikutnya untuk memperoleh kebenaran baru yang lebih sempurna.