Pengaruh Sekularisasi Terhadap Industrialisasi dan Urbanisasi

Sekularisasi pada satu sisi telah mendorong terbentuknya manusia yang berjiwa materialistis. 

Hal tersebut terjadi sehubungan dengan misi sekularisasi yang ingin memisahkan kehidupan dunia dari nilai-nilai keagamaan.

Pada sisi yang lain, sekularisasi telah mengajarkan sikap hedonis dalam kehidupan masyarakat. Sikap seperti inilah yang mendorong manusia untuk sedapat mungkin menghasilkan uang dalam rangka memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya.

Sekularisasi telah membentuk sikap masyarakat yang berorientasi pada pemujaan terhadap nilai-nilai yang bersifat material. Sifat tersebut sekaligus menjadi pendorong bagi manusia untuk mengutamakan penggunaan akal pikiran (rasional) dalam memecahkan persoalan-persoalan kehidupan yang dihadapi, dibandingkan dengan penggunaan emosi dan perasaan yang bersifat batiniah. Dengan pola pikir seperti tersebut lambat laun manusia sudah tidak merasa perlu lagi terhadap kehadiran agama.

Uraian di atas setidaknya telah memberikan gambaran bahwa sekularisasi membawa dampak yang cukup besar bagi proses industrialisasi. Sedangkan proses industrialisasi yang kebanyakan dibangun di perkotaan telah menjadi dorongan tersendiri bagi masyarakat untuk pergi ke perkotaan dalam rangka mencari kesempatan kerja yang tersedia di perkotaan.