Nama-nama Alat Yang Digunakan Manusia Purba

Di Indonesia, hingga kini masih sering ditemukanperkakas-perkakas yang diperkirakan pernah digunakan olehmanusia purba.

Berikut ini beberapa jenis alat dari masa praaksarayang pernah ditemukan di Indonesia, selengkapnya sebagai berikut ini, di antaranya :

a. Kapak Genggam

Kapak genggam diperkirakan merupakan alat yangdigunakan oleh manusia jenis Pithecanthropus untukberburu. Struktur dan bentuk alat ini masih sangat sederhanadan bagian yang tajam hanya terdapat di satu sisi saja. Kapakini digunakan dengan cara digenggam. Alat ini pernahditemukan di Trunyan (Bali), Awangbangkal (KalimantanSelatan), dan Kalianda (Lampung).

b. Alat Serpih

Alat ini digunakan oleh manusia purba untuk menusuk,memotong dan melubangi kulit binatang. Alat ini terbuatdari batu. Diperkirakan, alat ini merupakan serpihanserpihandari batu yang dibuat sebagai kapak genggam. Alatini pernah ditemukan di Sangiran dan Gombong (JawaTengah), serta Cabbenge (Flores).

c. Kapak Persegi

Kapak persegi merupakan alat yang terbuat dari batu dandigunakan oleh manusia untuk mencangkul, memahat, danberburu. Alat ini terbuat dari batu berbentuk segi empat yangkedua sisinya diasah halus. Pada salah satu sisi pangkal, adabagian berlubang untuk tangkai. Sementara pangkal lainnyaadalah bagian yang tajam. Alat ini banyak ditemukan diberbagai tempat di Indonesia, mulai dari Sumatra, Jawa, Nusa
Tenggara, hingga Sulawesi.

d. Kapak Lonjong

Kapak lonjong merupakan kapak yang bentuknya lonjong.Pangkal kapak tersebut lebar dan tajam, sedang ujungnyaruncing dan diikatkan pada gagang. Alat ini terbuat dari batuyang telah diasah hingga halus. Kapak lonjong pernahditemukan di Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

e. Menhir

Menhir merupakan tugu batu yang tinggi. Diperkirakanmenhir digunakan sebagai tempat pemujaan oleh manusiaprasejarah.

f. Dolmen

Dolmen adalah meja yang terbuat dari batu, diperkirakandigunakan sebagai tempat menyimpan sesaji untuksesembahan manusia prasejarah.

g. Sarkofagus

Sarkofagus adalah peti mati yang terbuat dari batu.

h. Arca

Arca adalah batu yang dibentuk hingga menyerupaimakhluk hidup tertentu.

i. Bejana Perunggu

Bejana perunggu adalah benda yang terbuat dari perunggu.Bentuknya mirip dengan gitar spanyol tanpa gagang. Alatini hanya ditemukan di dua tempat yaitu di Madura danSumatra.

j. Kapak Corong

Kapak corong adalah kapak yang terbuat dari perunggu danbentuk bagian atas mirip dengan corong. Alat ini pernahditemukan di Jawa, Bali, Sulawesi, dan Papua.