Rangkuman dan Contoh Soal Materi Pelajaran Transmisi

Dari uraian tersebut diatas maka dapat ambil inti pembahasan pada bagian ini adalah sebagai berikut:

1.   Untuk dapat melakukan komunikasi dengan baik atau kesalahan dan kerusakan yang kecil atau bahkan nol, maka sistem komunikasi sangat perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya terutama pada pemilihan media transmisi yang sesuai dengan data yang dikirim.

2.   Media transmisi adalah suatu jalan yang secara fisik tersambungnya komputer, alat-alat komunikasi, ataupun orang-orang di sebuah jalan raya dan jalan-lintas super informasi.

3.   Ada lima bagian penting pada media transmisi yang perlu diketahui yaitu : circuit, channel, line, trunk, dan virtual circuit.

4.   Media transmisi untuk menyampaikan sinyal gelombang elektromagnetik dibedakan menjadi dua yaitu Guided dan Unguided.

5.   Media guided adalah media dimana gelombang elektromagnetik dipandu dari transmitter menuju receiver dan media transmisinya secara fisik dapat dilihat secara langsung. Media guided misalnya : kabel tembaga twisted pair, kabel coaxial, serat optik dan lain-lain.

6.   Media unguided merupakan media telekomunikasi yang tidak memerlukan kabel sebagai penghantarnya. Media unguided berupa gelombang radio yang tidak bisa dilihat oleh mata.

Soal Latihan

Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan baik dan benar.

1.   Apa yang dimaksud dengan media transmisi.
2.   Media transmisi ada dua, sebutkan masing-masing media transmisi beserta karakteristiknya.
3.   Hal-hal apakah yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media transmisi.
4.   Pada media transmisi serat optik sekarang sangat banyak digunakan sebutkan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh media tersebut.
5.   Pada media transmisi tanpa kabel sekarang telah berkembang pesat, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.