Pengertian Virtual Circuit Dalam Dunia Komunikasi

Sekarang ini peningkatan pelanggan komunikasi yang sangat besar maka diperlukan paket switcing, dimana banyak jaringan yang menggunakan virtual circuit. Hal ini berbeda dengan rangkaian yang secara fisik dapat dilihat dengan awal dan diakhiri oleh sebuat titik sambungan, virtual circuit adalah satu rangkaian koneksi logika antara piranti pengirim dan penerima. 

Virtual circuit merupakan sebuah koneksi antara dua piranti yang secara langsung, tetapi sesungguhnya terdiri atas bermacam-macam rute yang berbeda.

Rute-rute tersebut akan berubah setiap waktu, dan rute selanjutnya tidak belum tentu rute yang baik. Koneksi ini digambarkan masukan-masukan tabel dalam piranti paket pensaklaran. Suatu koneksi dibentuk setelah dua piranti tersebut melakukan persetujuan pada parameterpenting pada pemeliharaan koneksi komunikasi serta bagaimana cara menyediakan kinerja yang tepat untuk aplikasi yang mendukung mereka.

Virtual circuit merupakan istilah yang sebagian besar digunakan untuk menguraikan koneksi antara dua host dalam sebuah jaringan paket switching, dimana host keduanya dapat berkomunikasi seolah-olah mereka sebuah koneksi yang mempunyai tujuan, meskipun paket tersebut bisa mengambil rute yang sangat berbeda untuk sampai di tujuan mereka.